Ingin Maju, SMK Harus Libatkan Alumni

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi D DPRD DIY Rany Widayati meminta kepada seluruh SMK di DIY agar melibatkan alumni dalam mengembangkan program sekolah. Keberhasilan lulusan SMK salah satunya disebabkan karena adanya jejaring, tidak terbatas dengan dunia industri saja .namun juga dengan alumni.

Hal tersebut hasil pantauan langsung Komisi D DPRD DIY ke SMKN 1 Kalasan Sleman, Rabu (10/6). Meski letaknya tidak di pusat kota, namun hampir semua lulusan dari sekolah tersebut berhasil terserap di dunia kerja. Ini juga berbanding lurus dengan fokus keahlian yang ada di sekolah tersebut, yakni industri kreatif dan pariwisata.

“Ini menunjukkan bagusnya kemitraan yang dibangun antara pihak sekolah dengan dunia usaha dan juga alumni. Apalagi dalam penyerapan ke dunia kerja, bukan siswa yang harus bergerak ke sana-sini. Tapi perusahaan yang datang ke sekolah. Tes dan yang lainnya cukup dilakukan di sekolah. Ini bisa dicontoh oleh sekolah lain,” ujarnya.

Hal yang harus diperhatikan, bahwa saat ini alumni SMK tidak sebatas lulus lalu bekerja saja. Namun nantinya bisa berkembang dan meneruskan. Misalnya mau kuliah lalu menjadi dosen dan yang lain. Ini juga bisa didapat melalui sharing

informasi dengan alumni.

“Memang belum semua sekolah khususnya SMK bisa bekerjasama baik dengan alumni. Padahal peran alumni itu penting. Terutama yang sudah berhasil. Karena mereka masih memiliki kedekatan emosional dengan sekolah, sehingga ada keinginan untuk membantu adik-adik kelas. Termasuk juga agar sekolahnya juga ikut maju,” tegasnya.

SMK

BERITA REKOMENDASI