Ingin Perbaiki Arsip Rusak, Yuk Datang ke Sasono Hinggil..Gratisss!!

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menggelar pameran arsip di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-Alun Selatan 18-24 Juli 2019. Ada yang menarik dalam pameran tersebut yakni stand perbaikan arsip yang dibuat oleh DPAD DIY

Di lokasi tersebut, beberapa petugas siap dengan alat-alat yang biasa dilakukan untuk perbaikan arsip. Mereka menggunakan metode diadifikasi dan laminasi yang bisa memperbaiki arsip kertas.

Kepala DPAD DIY Monica Nur Lastiyani mengungkap pihaknya memang mempersilahkan masyarakat yang memiliki surat-surat berharga rusak untuk datang dan melakukan perbaikan. “Silahkan masyarakat yang ingin memperbaiki arsipnya, bisa datang selama pameran seminggu kedepan,” ungkapnya di sela pembukaan Kamis (18/7/2019).

Keren! Jogja Pernah Tersukses Gelar Pemilu Tahun 1951

Monica menyampaikan metode diadifikasi yang dilakukan menggunakan larutan magnesium karbonat yang berfungsi menghilangkan asam. Penyebab kertas rusak sendiri paling besar disebabkan oleh tinta mengandung besi yang menempel pada kertas tersebut.

“Tahapannya cukup simple yakni dilaminasi dengan tisu Jepang dan lem methyl celulosa dicampur dengan air suling dengan perbandingan 100 gram dan 1,5 liter. Setelah itu baru dikeringkan prosesnya. Proses ini bisa membuat kertas arsip awet menurut teori bisa sampai ratusan tahun,” ungkap Monica.

Saat ini beberapa alat yang digunakan untuk perbaikan masih harus didatangkan dari luar negeri. Tisu Jepang yang digunakan untuk melapisi kertas dengan isi 450 lembar terbilang mahal yakni Rp 8 juta. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI