Ingin Sukses, Target Harus Jelas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sukses bukanlah tujuan, malainkan perjalanan diri yang dibuat dengan penuh kesadaran. Banyak yang masih menganggap sukses adalah tujuan semisal lulus dari bangku kuliah, mencapai indeks prestasi diatas 3 dan lain-lain.

"Pandangan tentang sukses harus dibenarkan. Sukses bukanlah tujuan melainkan perjalanan," terang President of Adi W Gunawan Institute of Mind Technology, Dr Adi W Gunawan CCH dalam Seminar Pengembangan Diri bertema 'Maximum Achievment With Mind Technology' di Sekolah Pascasarjana UGM, Kamis (15/21/2016).

Untuk sukses, kata Adi, orang tidak perlu ikut orang lain. Seseorang yang merancang menyelesaikan kuliah selama 2 tahun, maka setiap langkah kecil untuk merampungkan kuliah selama dua tahun, merupakan sukses.

"Satu demi satu kegiatan itu adalah sukses. Penting diperhatikan sukses bukan tujuan akhir. Sukses adalah perjalanan karena itu perlu dipersiapkan", katanya.

Menurut Adi, bila sukses hidup adalah perjalanan maka orang tetap butuh target akhir. Target inilah yang terkadang tidak dimiliki banyak orang, mereka rata-rata tidak memiliki target yang jelas. Karena itu, setiap orang sukses pasti memiliki impian. Impian tersebut perlu ditulis, karena jika diingat bagaimanapun memori yang dimiliki seseorang sangatlah terbatas.

"Karena itu, tuliskan apa yang ingin dilakukan, dan kita harus memiliki skala prioritas, mana-mana yang paling penting. Tulis semua itu, jangan diketik karena dengan begitu akan terbawa dalam alam bawah sadar kita", pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI