Ini 8 Poin Kesepakatan Warga Sitimulyo dan Pemda DIY Soal TPST Piyungan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menggelar pertemuan tertutup dengan warga Sitimulyo tepatnya Banyakan 1-3 dan Ngablak, Rabu (11/5/2022). Warga akhirnya bersedia membuka jalan masuk truk pengangkut sampah ke Piyungan, Kamis (12/5/2022) pagi setelah menyepakati beberapa hal.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menemui langsung perwakilan warga. Pertemuan tertutup itu berlangsung cukup lama di Unit 8 Kepatihan, sejak pukul 13.00 hingga 18.00 WIB.

Baskara Aji usai pertemuan mengatakan warga akhirnya bersedia membuka akses jalan untuk truk pengangkut sampah pada Kamis pagi. Warga memutuskan membuka tanpa adanya paksaaan, namun setelah dialog cair yang terjadi di Kepatihan tadi.

“Kita tidak ada pemaksaan untuk membuka dan ini kesadaran masyarakat akan melakukan besok pagi (Kamis). Kita bicara dengan santai sepanjang pertemuan tadi, tidak ada paksaan,” ungkapnya usai pertemuan.

Baca juga:

Deal! TPST Piyungan Dibuka Lagi Kamis Pagi

Lurah Sitimulyo, Juweni juga menyampaikan hal senada bahwa masyarakat akhirnya secara sadar menyudahi penutupan akses dan akan membukanya pada Kamis pagi. “Masyarakat menyadari bahwa ini adalah untuk warga masyarakat secara luas di DIY,” tandasnya.

Berikut 8 poin kesepakatan Pemda DIY dengan warga Sitimulyo :

1. Lahan baru untuk KPBU dipastikan menggunakan teknologi pengolahan sampah yang ramah lingkungan

2. Optimalisasi Instalasi Pengolahan Air Lindi akan selesai dilaksanakan oleh PPW Kemen PUPR akhir Bulan Juli 2022

3. Optimalisasi saluran outlet lindi yang akan dilaksanakan pada TA 2023,

4. Kajian terhadap kebutuhan sumber air bersih di Dusun Banyakan 3 maupun Ngablak

BERITA REKOMENDASI