Ini Alasan Mengapa di Mall Tidak Boleh Memotret

YOGYA (KRjogja.com) – Di setiap mall, biasanya akan ada tanda kamera dicoret yang artinya pengunjung tidak diperbolehkan mengambil gambar selama berada di area itu. Sebenarnya, mengapa pengunjung tidak boleh foto saat di mall?

Menurut General Manager (GM) Galeria Mall Djoko Tjatur, mengatakan interior dalam mall memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). "Interior di dalam mall dirancang sedemikian rupa oleh perancangnya, sehingga memiliki hak cipta yang tidak boleh diambil orang lain. Sehingga dikhawatirkan saat pengunjung memotret dalam mall akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik," ujar Djoko saat ditemui KRjogja.com di kantornya belum lama ini.

Jika ada pengunjung yang ketahuan memotret mall, biasanya akan ditanya untuk keperluan apa. Sanksi paling berat adalah diminta untuk menghapus fotonya. Djoko menceritakan pengalamannya dirinya saat berada di salah satu mall di Manila.

Awalnya ia pergi bersama rombongan, namun kemudian dirinya berpisah untuk mengambil dokumentasi interior mall di Singapura. Tidak berselang lama, Djoko dipanggil sekuriti untuk diminta keterangan dan menghapus foto-foto yang telah diambil tadi.

"Saya bilang saya adalah tamu manajer, setelah dikonfirmasi, foto tersebut tidak jadi dihapus," tambahnya sembari terkekeh. Meskipun begitu, Djoko akan melihat situasinya jika ada pengunjung yang mengambil dokumentasi. Jika hanya selfie tidak masalah, begitu pula untuk keperluan penelitian dan hal-hal yang sudah memiliki izin. (MG-04)

BERITA REKOMENDASI