Ini Artis Ibukota yang Meriahkan Tahun Baru di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Okupansi perhotelan di DIY baik bintang maupun nonbintang rata-rata sudah mencapai 100 persen selama libur panjang Tahun Baru 2018. Untuk memeriahkan puncak malam Tahun Baru 2018, sejumlah hotel berbintang berlomba mendatangkan artis-artis ibukota, dengan harapan magnet untuk menarik tamu-tamu berlibur di DIY semakin kuat.

Misalnya saja Royal Ambarrukmo yang menghadirkan penyanyi Isyana Sarasvati dan Once Mekel pada saat malam pergantian tahun. Sedangkan Raisa dan Vina Panduwinata tampil di Hotel Tentrem. The Rich Jogja Hotel menghadirkan Virzha, Grand Ambarrukmo menampilkan RAN dan The Alana Hotel menyuguhkan Dance Company.  

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunegara menyampaikan, hotel bintang maupun nonbintang di DIY sudah kebanjiran tamu mulai Jumat (29/1/2017) hingga Senin (1/1/2018). Tingkat hunian perhotelan di DIY rata-rata sudah mencapai 100 persen, naik 15 persen dibandingkan momentum yang sama tahun 2016 lalu.

"Kami bersyukur tingkat keterisian kamar hotel di DIY sudah penuh semua baik di kawasan Ring 1 hingga Ring III. Puncaknya saat malam pergantian tahun baru yang bisa mencapai 100 persen. Bisa dikatakan susah sekarang mencari kamar terutama di kawasan Ring I dan Ring II," ujar Istijab kepada KRJOGJA.com di Yogya, Jumat (29/12/2017).

Istijab menjelaskan, kenaikan tingkat hunian tersebut dikarenakan banyaknya kamar yang ditawarkan baik dari hotel bintang maupun hotel nonbintang, ditambah desa atau kampung wisata di DIY.

"Semua hotel penuh karena wisatawan sudah mengetahui banyak hotel di DIY sehingga tidak khawatir akan kehabisan kamar. Hotel tentu memberlakukan biaya tambahan (surcharge) selama high season ini atau memilih menaikkan tarif setidaknya 10-15 persen," tandasnya.

Ditambahkan Istijab, selain memberlakukan surcharge ataupun kenaikan tarif, perhotelan di DIY juga berlomba-lomba menawarkan paket menginap tahun baru minimal dua hari dan sebagainya. Bahkan hotel-hotel berbintang berlomba-lomba mendatangkan artis atau penyanyi ibukota untuk memeriahkan puncak pergantian tahun ini.

"Banyak hotel yang mendatangkan penyanyi-penyanyi terkenal Tanah Air yang bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan okupansinya. Hotel di DIY sudah tidak tanggung-tanggung mendatangkan artis-artis ibukota saat ini," imbuhnya.

General Manager (GM) Hotel Cakra Kusuma Yogya Totok SW mengungkapkan, okupansi hotel sudah meningkat sejak Jumat (29/12/2017). Apalagi di pengujung tahun ini ada hajatan mantu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Yogya, tentu semakin menambah banyak tamu hotel di DIY.

"Okupansi sudah mencapai hampir 100 persen, bisa dikatakan semua hotel di DIY penuh dan panen raya. Capaian tersebut sangat menguntungkan bagi industri perhotelan di DIY," kata Totok.(Ira)

 

BERITA REKOMENDASI