Ini Dia Jenggo, Si Ayam Jago Sombong

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari Toleransi Anak yang diperingati setiap 16 November dimaknai beragam. Salah satu yang sangat menarik yakni terciptanya sebuah buku anak yang ditulis oleh Sekar Sosronegoro. 

Setelah sebelumnya sukses menelurkan dua seri yakni Prasangka Moka dan Kitu Kucing Kecil Bersuara Ganjil, kini Sekar melengkapi trilogi buku toleransi anak dengan judul Jenggo, Ayam Jago yang Sombong. Buku yang dirilis bersama penerbit Buah Hati tersebut mengajarkan banyak hal menarik bagi anak-anak di mana salah satu yang paling utama adalah tentang indahnya keberagaman dan pentingnya empati. 

Sekar yang berdomisili di Los Angeles Amerika Serikat ini mengatakan di seri penutup buku toleransi anak ini, ia memilih tema empati yang dinilainya sangat relevan dengan kondisi saat ini. “Tanpa disadari, anak-anak kini terekspos oleh intoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Dari Jenggo, anak dapat belajar salah satu hal penting dalam bertoleransi, yaitu kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain,” ungkap Sekar saat berbincang dengan KRjogja.com Rabu (21/11/2018). 

Buku Jenggo sendiri menurut dia mengisahkan tentang seekor ayam jago yang merasa terancam dengan kehadiran keluarga kambing di peternakan, sampai akhirnya sebuah kejadian membuatnya sadar akan pentingnya bersikap adil terhadap sesama. Belajar berempati lewat cerita tentang bullying dan diskriminasi adalah tujuan yang ingin dicapai buku ini.

“Di buku ketiga ini saya masih menggandeng Mira Tulaar (Bali) sebagai ilustrator dan Siti Nur Andini (Jakarta) selaku editor. Harapannya, buku ini termasuk dua pendahulunya bisa membawa hal baik bagi anak-anak Indonesia,” sambungnya. 

Beberapa komunitas pengasuhan anak pun ikut ambil bagian dalam mempopulerkan Seri Buku Toleransi. Tak hanya itu beberapa organisasi pegiat toleransi dan demokrasi juga terlibat seperti Keluarga Kita, The Habibie Center, Toleransi ID, Mommies Daily, Mother & Baby Indonesia, Parentalk ID, SmartMama.com hingga Rumah Dandelion. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI