Ini Dia, Pemicu Gempa Pacitan Dinihari Tadi

SLEMAN, KRJOGJA.com – Warga di sebagian daerah Pulau Jawa merasakan gempa, Senin (22/6/2020) dinihari pukul 02.33 WIB yang berpusat di selatan Pacitan. Gempa dengan skala MMI II dan III membuat masyarakat terbangun dari tidur karena goncangan cukup keras.

Dr Gayatri Indah Marliyani, Peneliti Departemen Teknik Geologi UGM mengungkap gempa dengan magnitudo M5 tersebut merupakan gempa Intraslab yakni gempa bersumber dari dalam lempeng yang menunjam, di mana masih menjadi bagian dari sistem subdukai selatan Jawa. Gempa tersebut merambat dari arah selatan yang mekanismenya terjadi dari pergerakan turun akibat respon batuan terhadap gaya tarikan lempeng samudera ke bawah.

“Tipe gempa seperti ini biasanya dapat dirasakan secara luas dikarenakan terjadi cukup dalam (63 kilometer) pada daerah bertekanan besar dan bersuhu cukup tinggi. Batuan di daerah tersebut bersifat relatif plastis artinya setelah mengalami deformasi maka batuan mudah kembali ke posisi awal. Ini yang menyebabkan gempa semalam tidak diikuti gempa susulan, juga tidak menyebabkan Tsunami karena tidak mengakibatkan perubahan dasar laut secara signifikan,” ungkap Gayatri pada wartawan Senin (22/6/2020).

BERITA REKOMENDASI