Ini Dia Rahasia Agar Terpilih Menjadi ‘Andalan’ Kreavi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kreavi bukanlah sekedar ‘tempat nongkrong’ bagi pekerja kreatif di dunia maya, melainkan juga menjadi sarana berkreasi dan pembuatan portofolio online. Bahkan 41 ribu anggota dari 88 kota di Indonesia terus berlomba-lomba untuk menghasilkan karya terbaik agar terpilih dalam tim andalan, Kreavi 17.

Kepada KRJOGJA.com, creative adviser Kreavi Anto Motulz pun membeberkan rahasia penilaian Kreavi 17. Terdapat tiga penilaian yang menentukan seseorang dapat lolos atau tidaknya pada tim andalan ini.

Penilaian yang pertama ialah melalui kemampuan masing-masing anggota di bidang kreatif yang diminatinya. Hal tersebut juga dilihat dari banyaknya like dan komentar pada setiap karya. Menurut Anto, dari komentar itulah pihak Kreavi mengetahui mengenai karakter dan tingkat kompetensi seseorang.

“Skill level rata-rata, yang paling mudah dari like dan komentar karena dari situ kita liat oke nih orang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Penilaian selanjutnya ialah melalui kurasi, dalam tahap ini pihak Kreavi mengundang tokoh-tokoh yang berkompeten di bidang seni untuk memilih karya terbaik. Namun, tahap ini hanya dilakukan setelah adanya 100 anggota terpilih. “Kami kumpulkan kurator seni, nanti mereka vote mana yang bagus,” imbuhnya.

Sedangkan penilaian terakhir ialah dari keaktifan digital di kreavi.com, seperti bagaimana intensitas seseorang dalam memberi like, komen atau berdiskusi seputar karya-karyanya. Setelah semua tahap itu selesai dilakukan, maka seluruh berkas dikumpulkan dan baru dipilih siapa saja anggota yang masuk dalam Kreavi 17. “Kalau itu udah semua berkas kita kumpulin baru keluarin putusan, oh ini masuk nih,” pungkasnya. (Mg-10)

BERITA REKOMENDASI