Ini Dia, Tantangan Media Online di Masa Depan

YOGYA, KRjogja.com – Pemimpin Redaksi KRJOGJA.com Agung Purwandono mengungkapkan kemampuan bertahan media online di masa depan sangat dinamis dan ditentukan oleh kemauan media itu untuk berubah. Ketinggalan selangkah untuk melakukan inovasi, media online akan ditinggalkan pembacanya.

"Tidak ada yang mapan dalam pengelolaan media online. Kita harus menyesuaikan permintaan pasar walaupun tidak meninggalkan etika jurnalistik yang kita miliki," ujar Agung, Sabtu (30/09/2019) dalam workshop jurnalistik online.

Menurut Agung tantangan media online memang sangat beragam diantaranya adalah rentang perhatian pembaca yang semakin pendek. Pada tahun 2005 rentang perhatian hanya 12 detik dan pada tahun 2015 semakin pendek menjadi 8 detik. Apalagi saat ini media online menjadi semakin luas lingkupnya. Misalnya kehadiran media non pers berkembang pesat di dunia online. Akibatnya, persaingan pun semakin ketat untuk mendapatkan atensi pembaca.

Penulis buku Jurnalisme Online Engelbertus Wendratama menilai di antara sekian banyak tantangan, wajar apabila pengelolaan media online memang tak pernah mencapai tahap mapan. Berbeda dengan media cetak yang mencapai kemapanannya rata-rata 5 tahun setelah didirikan.

"Tapi pada kenyataannya visual sangat penting. Harus eye catching, judul harus menarik. Inilah yang menyebabkan clickbait, akibatnya ada penurunan kualitas yang menyebabkan masyarakat tidak percaya pada media," ujarnya.  

Dalam berbagai tantangan tersebut, Engelbertus menambahkan ada banyak kesempatan untuk bereksperimen dalam memanfaatkan internet. "Semua kalangan sekarang bisa menerbitkan karya jurnalistiknya. Contohnya saya membuatkan portal untuk tugas jurnalistik mahasiswa saya, agar mereka dapat experience liputan," paparnya.

Dengan bertumbuhnya tren konten multimedia non jurnalistik, saat ini kecakapan jurnalisme multimedia bermanfaat oleh beragam jenis pekerjaan. Oleh karena itu portofolio karya yang pernah ditampilkan di media online menjadi penunjang yang sangat penting untuk mencari pekerjaan. (MG – 07)

BERITA REKOMENDASI