Ini Diantaranya Pemicu Kebakaran, Emak – emak Harus Waspada

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Yogyakarta Nur Hidayat, menyebut, emak-emak yang gemar memasak di rumah, jika mencium bau gas, jangan sekali-kali menghidupkan atau mematikan lampu. Pasalnya akan memancing keluarnya api.

"Itu sangat berbahaya. Jangan menghidupkan atau mematikan lampu, dan semua yang berhubungan dengan listrik karena akan menimbulkan ledakan," katanya kepada KRJOGJA.com saat ditemui di kantornya. Jum'at (04/10/2019).

Menurutnya, tabung gas tidak dapat meledak. Tabung sudah dirancang sedemikian rupa tidak akan meledak, dan tidak mudah meledak. Seharusnya, jika mengalami hal seperti itu sebaiknya lakukan hal ini.

"Segera buka jendela, buka pintu-pintu area sekitar. Biarkan bau tersebut hilang," ucapnya. 

Pengetahuan api dan bagaimana api dapat menyala sebenarnya infomasi dasar yang patut diketahui. Hal itu guna mencegah terjadinya musibah kebakaran.

Belakangan ini, banyak musibah kebakaran yang terjadi khususnya di wilayah kota Yogya. Kendati demikian, kebakaran kerap disebabkan oleh kelalaian dan kurangnya kepekaan dari masyarakat.

"Pada dasarnya masyarakat sudah tahu penyebab kebakaran. Tidak jauh dari listrik , kompor, sampah, puntung rokok. Tapi kadang-kadang terjadi dari keteledorannya itu," jelasnya. 

Dijelaskan, berdasarkan data sementara, kiranya ada 50 kasus kebakaran yang terjadi di wilayah kota Yogya. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya belum terlihat adanya kenaikan. 

"Biasanya kebakaran itu disebabkan karena hampir 70 persen disebabkan oleh korsleting listrik. Kemungkinan terjadi di rumah-rumah," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI