Ini, Lokasi Saksikan Gerhana ‘Super Blue Blood Moon’ di Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Cuaca DIY diprediksi berawan dan hujan ringan Rabu (31/1/2018) malam saat periode fenomena alam Super Blue Blood Moon. Namun, ternyata hal tersebut tak menyurutkan semangat pecinta astronomi Yogyakarta. Empat lokasi nonton bareng (nobar) disiapkan lengkap dengan teleskop untuk memuaskan hasrat menyaksikan fenomena menarik tersebut. 

Salah satu yang cukup konsern mempersiapkan diri yakni komunitas Jogja Astro Club (JAC) yang sengaja menggagas lokasi nobar sepanjang petang hingga malam hari nanti. Al Athfar, perwakilan JAC mengatakan paling tidak ada empat lokasi nobar yang tersebar di wilayah DIY dan sekitarnya. 

“JAC hari ini meneropong di 4 lokasi berbeda yakni Masjid Gedhe Kauman & Alun-alun Utara DIY, Masjid Agung An-Nur Magelang, Desa Ngoloro Saptosari Gunungkidul dan Markas JAC yang ada di Soropadan Jalan Gejayan Sleman. Kami membuka untuk umum dan mengajak masyarakat menyaksikan salah satu fenomena alam menarik ini,” ungkapnya. 

Terkait perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG DIY, hal tersebut tak dinilai sebagai penghalang dan menciutkan niat menggelar nobar. “Ini mengapa kami memperlebar daerah pengamatan agar peluang menyaksikan bisa semakin besar, karena cuaca di satu wilayah pasti berbeda,” sambungnya. 

Di empat lokasi tersebut, JAC mempersiapkan delapan teleskop yang nantinya bisa digunakan masyarakat untuk menyaksikan secara detail gerhana bulan. “Kalau cuaca oke bisa dengan mata telanjang karena tidak berbahaya, namun jika ingin mengamati detail kami juga siapkan delapan teleskop,” ungkapnya lagi. 

Penasaran dengan fenomena gerhana bulan biru merah darah ini? Mungkin petang nanti anda bisa mengarahkan pandangan ke arah bulan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI