Ini Pedestrian yang Dibuat KAI di Sarkem, Lebih Nyaman dan Aman

YOGYA, KRJOGJA.com – Selain memulai periode angkutan Lebaran, Kamis (15/6/2017) PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta juga memperkenalkan jalur pedestrian yang baru saja selesai dikerjakan. Jalur yang untuk sementara berlokasi di wajah depan stasiun sisi selatan ini nantinya bakal dibuat di sepanjang Jalan Pasar Kembang (Sarkem) mulai dari parkir eks Ngebong hingga Jalan Malioboro.

Kepala Daop 6 Yogyakarta, Hendy Helmi mengatakan pedestrian Stasiun Tugu merupakan salah satu fasilitas penunjang bagi masyarakat yang berada di kawasan tersebut. Apalagi, selama ini praktis tak ada ruang pejalan kaki di sepanjang Jalan Sarkem yang sebenarnya menjadi pintu utama Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Kita mulai selesaikan fasilitas penunjang di Stasiun Tugu Yogyakrta ini salah satunya pedestrian di sisi selatan. Selama ini tak ada pedestrian dan bisa digunakan untuk masyarakat dan tahap awal di depan stasiun 100 meter, nanti kedepan kita panjangkan sepanjang Jalan Pasar Kembang bila respon masyarakat baik," terangnya.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan jalur pedestrian sementara sepanjang 100 meter ini akan dilengkapi dengan jalur difabel yang memang jadi syarat utama pembuatan fasilitas publik. Ruang untuk pejalan kaki ini menurut Eko juga cukup lebar sehingga mudah diakses masyarakat baik yang mengarah ke barat maupun timur.  

"Dua hari kedepan selesai dipasang untuk jalur difabelnya jadi bisa digunakan oleh masyarakat umum. Nanti akan kita buat seperti ini sepanjang Jalan Pasar Kembang dari parkir stasiun sebelah barat (Ngebong) hingga Jalan Malioboro karena selama ini pejalan kaki tak punya ruang, apalagi jalan yang semakin padat," terang Eko.

Dari pantauan KRjogja.com, pedestrian baru tersebut memang cukup nyaman karena lebar. Di sisi dalam (utara) berjajar pot tanaman hijau dengan beberapa selingan pohon palem yang diharapkan menjadi perindang kala matahari menyengat. Namun tiang listrik dan jaringan kabel masih terlihat semrawut merusak pemandangan dan kenyamanan pejalan kaki. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI