Ini Pesan Sultan untuk Guru DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY memperingati HUT ke-74 PGRI serta Hari Guru Nasional Tahun 2019, Senin (25/11/2019) di GOR Amongraga. Dihadiri 6000-an guru dan siswa perwakilan se-DIY, para pengajar pun diharapkan bisa menjadi actor of change menciptakan generasi terbaik untuk Indonesia Maju. 

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengingatkan sesuai pesan Mendikbud Nadiem Makarim, guru adalah aktor untuk menggerakkan proses belajar di kelas. Sultan pun berharap guru semakin greget untuk mengarahkan siswa berubah ke arah lebih baik. 

“Seperti kata Bapak Menteri, silahkan para guru berinovasi, melakukan perubahan kecil di kelas anda. Karena guru adalah aktor of change yang bisa mengarahkan perubahan siswa ke arah kualitatif,” ungkap Sultan. 

Dalam proses mengajar, Sultan mengungkap bawasanya guru ibarat seorang petani yang menanam, menjaga tanaman agar kelak bisa dipetik hasil yang baik bukan untuk guru sendiri namun untuk bangsa dan negara. Hal ini diharapkan Sultan bisa diresapi betul para guru khususnya di DIY agar generasi berkualitas bisa terwujud di Indonesia. 

“Di tangan guru, subjek didik ditempa. Peran guru sangat penting untuk memastikan generasi Indonesia Maju. Guru bukan mengajar lagi, tapi merupakan pendamping bagi murid,” imbuh Sultan. 

Sementara Ketua PGRI DIY R Kadarmanta Baskara Aji juga turut berpesan agar para guru terus memenuhi tugas sebagai penggerak mewujudkan generasi unggul Indonesia. “Momentum ini harus dijadikan pengingat apa yang menjadi tujuan guru yakni peran strategis mewujudkan generasi unggul,” tandas Aji. 

Dalam peringatan di DIY sendiri, dicanangkan pula gerakan Indonesia Menabung yang diinisiasi OJK bersama BPD DIY. Siswa di seluruh DIY nantinya akan diberikan tabungan elektronik yang bisa digunakan untuk memantau kebiasaan keuangan masing-masing dari mereka. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI