Inilah Waktu Yang Tepat Masyarakat Berinvestasi Properti

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bisnis properti di DIY optimis akan mulai melakukan pemulihan atau recovery tahun 2021 ini, pasca tertekan terdampak pandemi Covid-19. Dengan mulai membaiknya bisnis properti di DIY ini diharapkan dapat berkontribusi membantu pemulihan perekonomian di DIY. Untuk itu, Real Estat Indonesia (REI) DIY mendorong masyarakat agar segera berinvestasi di dunia properti saat ini.

Plt Ketua DPD REI DIY Rama Adyaksa Pradipta mengungkapkan bisnis properti di DIY mengalami tekanan yang cukup besar sepanjang tahun 2020 lalu akibat terdampak pandemi Covid-19. Meskipun bisnis properti di DIY tidak berhenti total, penurunannya bisa mencapai 30 hingga 50 persen akibat pandemi tersebut. Dalam kondisi tersebut, para pengembang di DIY memilih mengatur ulang jadwal kegiatan konstruksi, mengurangi utilitas produksi, merekturisasi skema kredit dengan perbankan dan penyesuaian pembayaran uang muka, cicilan dan sebagainya kepada konsumen.

” Para pengembang di DIY tetap berupaya bertahan dengan berbagai upaya seperti mengurangi pembangunan rumah misalnya dijadwalkan membangun 30 rumah lalu dikurangi menjadi 15 rumah sejak tahun lalu. Kita berusaha menyesuaikan diri dengan situasi pandemi Covid-19, supaya tetap bisa bergerak,” tandas Rama di Yogyakarta, Jumat (15/1)

Rama mengaku para pengembang di DIY tetap memiliki optimisme untuk pulih dan bangkit kembali tahun ini meskipun sempat mengalami tekanan bisnis tahun lalu. Dalam hal ini, para pengembang pun tengah wait and see untuk memulihkan diri seiring dengan mulai membaiknya perekonomian nasional maupun di DIY serta mulai dilaksanakannya vaksinasi Covid-19. ” Investasi properti akan pulih dan lebih kencang pertumbuhannya ketika pemerintah mampu mengendalikan Covid-19, seperti mulai dilaksanakan vaksinasi yang diharapkan bisa menekan laju penyebaran infeksi virus Korona,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI