Inovasi Model Pembelajaran, Bertindak Lokal dan Berpikir Global

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbagai permasalahan di era global, tidak cukup diselesaikan satu perspektif, tetapi multi perspektif, baik lokal maupun global. Bertindak secara lokal dan berpikir secara global berarti bertindak dalam masyarakat itu sendiri, menurut aturan dan norma. Tradisi lokalitas atau kearifan lokal serta berkomunikasi, standar dan norma global.

“Forum ini, kami memang berharap dapat menemukan ide, merumuskan dan model kurikulum. Bahkan pendekatan, model pembelajaran dapat mengarahkan siswa untuk bertindak secara lokal dan berpikir secara global,” kata Dr Dian Hidayati MM, Selasa (1/12/2020).

Dian Hidayati menyampaikan hal tersebut berdasarkan 2nd International Conference on Education Leadership and Innovation (ICELI) 2020 dilakukan secara streaming via Zoom meeting dan YouTube. Materi memilih tema ‘A New Paradigm of Education Local and Global Perspective’ dengan keynote speaker Prof Dr Dwi Sulisworo (UAD), Dr Arlene Monsalve (University of Saint Anthony, Filipina), Dr Agus Tinus MPd (Universitas Muhammadiyah Malang) dan moderator Dr Dian Hidayati MM.

Dian Hidayati juga panitia penyelenggara menjelaskan, ICELI merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UAD, Sabtu (21/11/2020) lalu. Konferensi diadakan setiap tahun dan tahun ini merupakan pelaksanaan yang kedua.

Konferensi ini didedikasikan untuk meningkatkan dunia pendidikan dan sebagai sebuah wadah untuk mahasiswa, pendidik, pemangku kebijakan, dan praktisi pendidik untuk terlibat dalam dialog yang penuh informasi dan berwawasan tentang perkembangan pendidikan, kepemimpinan, dan inovasi di semua pengaturan dan negara.

BERITA REKOMENDASI