Inspektorat Kota Yogya Capai Target

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Inspektorat Kota Yogya berhasil mencapai target terkait Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), yakni meraih level 3. Merujuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015- 2019, seluruh APIP mampu berada pada level 3 di akhir tahun 2019.

"Pada level 3 tersebut berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Yogya telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan. Selain itu juga mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal. Itu berarti Inspektorat Kota Yogya telah berada pada level 3 untuk semua elemen," jelas Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DIY Slamet Tulus Wahyana.

Baca juga :

Terdakwa OTT KPK Gabriella Minta Dibebaskan, Rindu Keluarga
Balon PDIP Tunggu Rekomendasi, Ini Alasan BWH Masukkan Nama di Dua Kabupaten

APIP level 3 yang diperoleh Inspektorat Kota Yogya tersebut merupakan hasil penilaian BPKP DIY pada tahun 2019. Elemen yang dinilai yaitu peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik profesional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, dan struktur tata kelola.

Sementara Walikota Yogya Haryadi Suyuti, mengaku prestasi tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkot Yogya yang terus melakukan pembenahan di semua bidang. Hal ini juga sebagai bukti keseriusan dalam pengelolaan pemerintahan di semua bidang yang akan terus membaik.

"Ini merupakan bukti keseriusan kita bersama dalam melakukan pembenahan di segala bidang. Bertahap kita sudah bisa mencapai level ini dan kita berharap ke depan untuk bisa mempertahankannya bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Haryadi menegaskan level 3 tersebut bukan sekadar pemenuhan dokumen atau infrastruktur namun substansinya kepada implementasi Key Proses Area secara berkelanjutan dan berulang. Sehingga hal itu mampu menjadi budaya kerja guna mengawal tata kelola pemerintahan daerah menuju pemerintahan yang baik dan bersih. Sementara itu, Inspektur Kota Yogya Maryoto, mengatakan pencapaian level 3 tersebut melalui proses panjang dan membutuhkan perjuangan serta pengorbanan baik tenaga dan pikiran. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI