Inspirasi Tanam Sayur dari Lomba Pekarangan Mini Pemkot Yogyakarta

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Puluhan tanaman mini yang berisikan sayuran terpampang di Gedung Graha Pandawa Balai Kota Yogyakarta. Tanaman tersebut milik para peserta dalam ajang lomba pekarangan landscape mini se-Kota Yogyakarta tahun 2019. Lomba ini supaya memotivasi masyarakat Kota Yogyakarta agar memanfaatkan pekarangan secara maksimal.

"Kegiatan ini merupakan upaya kita termasuk petani sayur di kota dalam rangka menjadikan gerakan menanam sayur. Kali ini kita buat taman mini yang indah sehingga kampung sayur menarik dan cantik dan tidak ada lagi alasan lahan sempit," Kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada awak media.

Total 20 peserta dari 14 kecamatan mengikuti lomba ini. Pekarangan yang dilombakan berukuran 1,5 x 1,5 meter persegi. Peserta juga tidak boleh menanam jenis bunga dipekarangan lombanya.

"Saya melihat, para peserta bersemangat dan termotivasi setelah melihat pekarangan mini milik lawannya," tutur Yuanita Ari Astuti staff dinas pertanian dan pangan kota Yogyakarta, Selasa (12/03/2019).

Menurut pantauan, pekarangan landscape mini ternyata dapat menampung berbagai jenis sayuran, bahkan untuk memperindah suasana pekarangan, beberapa peserta menambahkan kolam kecil yang digunakan untuk tempat ikan hias. "Sementara itu, untuk melengkapi kampung sayur di Kota, Haryadi akan menyiapkan lahan disalah satu sudut komplek Balai Kota untuk menjadi zona tanaman sayur," pungkasnya.

Lomba pekarangan mini ladscape hadir sebagai salah satu rangkain acara Pertanian dan Pangan Kota Jogja di Lapangan Balai Kota sejak 10 Maret 2019. Pameran pertanian diharapkan bisa mendorong dan menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan pertanian ataupun peternakan. 

"Kami mengkonsep lomba ini dengan kalimat menanam apa yang dimakan dan menanam apa yang ditanam, jadi kalau mau masak tinggal metik sendiri sesuai kebutuhan enggak harus dilahan yang besar, mini seperti ini juga sudah bisa," Ucap Supriyanto staff dinas pertanian dan pangan kota Yogyakarta. (Ive)
 

BERITA REKOMENDASI