IPKINDO Komitmen Majukan Wisata Alam DIY

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) DIY baru saja melakukan penanaman 2.200 bibit pohon berbagai jenis di Wisata Bukit Mungker Terong Dlingo Bantul Rabu (19/12/2018) kemarin. Penanaman tersebut menjadi tonggak komitmen IPKINDO DIY untuk memajukan wisata alam di DIY sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di lokasi tersebut.

Suroso SP Ketua DPW IPKINDO DIY dalam bincang media di kawasan Cupuwatu Kalasan Kamis (20/12/2018) mengungkap kegiatan penanaman pohon di Wisata Bukit Mungker Terong Dlingo Bantul kemarin merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap tahun. Di Dlingo, IPKINDO DIY menanam 2.200 batang pohon meliputi mahoni, munggur (trembesi), sengon, sirsak hingga nangka.

“Tidak hanya itu, kami juga menanam Nyamplung, Beringin, Pleh dan Aren yang bisa digunakan sebagai penahan air karena di bukit tersebut selama ini susah air. Kemudian di jalur masuk bukit juga ditanam Ketapang Kencana dan Pucuk Merah untuk memperindah lokasi,” ungkapnya.

Luas Wisata Mungker yang mencapai 3 hektare menurut Suroso masih bisa dikembangkan hingga 5-6 hektare di mana populasi tanaman masih bisa terus ditambah. “Kami berencana menambah pohon duwet yang ternyata sudah ada di sana dan berpotensi termasuk tanaman Pule dan Durian,” sambungnya.

Penanaman pohon tersebut dirasa merupakan investasi kedepan bagi masyarakat di mana 2-3 tahun kedepan akan tumbuh sempurna dan dapat dinikmati. “Masyarakat setempat juga akan menganggarkan lewat APBDes untuk pot besar bagi tanaman agar indah dan tertata. Kemudian ada juga kelompok tani hutan dan penyuluh di sana untuk memastikan tanaman tersebut tumbuh jadi masyarakat yang akan berperan merawat,” tandasnya.

Sementara Dr Bambang Supriyanto, Pembina IPKINDO Pusat menilai langkah di DIY merupakan bentuk perhatian serius bagi sisi pelestarian alam sekaligus dampak ekonomi bagi masyarakat. “Ketika masyarakat fokus pada sisi wisata, mendapatkan manfaat ekonomi dari situ harapannya secara tak langsung pohon-pohon kita terjaga termasuk air tanah. Hal inilah yang kami harapkan bisa tumbuh khususnya saat ini di DIY,” terangnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI