Irjen Pol Ahmad Dofiri Akui Yogya Bakal Selalu ‘Ngangeni’

YOGYA, KRJOGJA.com – Irjen Polisi Ahmad Dofiri resmi melepas jabatan sebagai Kapolda DIY digantikan Irjen Polisi Asep Suhendar, Rabu (18/12/2019) hari ini. Dofiri kini menempati posisi baru sebagai Asisten Logistik Kapolri di Mabes Polri. 

Baca Juga: Irjen Pol Asep Suhendar Jabat Kapolda DIY Baru

Selama tiga tahun, Irjen Pol Ahmad Dofiri menempati posisi orang nomor satu di kepolisian DIY sejak 2017 lalu. Ia menjadi salah satu Kapolda terlama yang menjabat di DIY selama ini dengan masa jabatan tiga tahun, di mana ia sempat merasakan naik pangkat sekali dari Brigjen Polisi ke Irjen Polisi saat menjadi Kapolda DIY. 

Dofiri pun mengaku akan selalu kangen dengan Yogyakarta yang disebutnya sebagai salah satu daerah yang meninggalkan kesan mendalam baginya. “Tidak ada tempat yang paling berkesan dalam saya berdinas selain di Yogyakarta,” ungkap Dofiri usai berpamitan dengan Sri Sultan HB X di Kepatihan, Rabu (18/12/2019) siang. 

Dofiri mengungkap sosok Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X merupakan figur yang memberikan banyak masukan membangun bagi dia dan jajaran di Mapolda DIY. “Saya dapat bimbingan dan arahan dari Ngarsa Dalem, alhamdulillah selama tiga tahun banyak sekali dinamika namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik,” imbuh Dofiri. 

Tak heran Dofiri menyempatkan berpamitan sekaligus meminta doa restu pada Sri Sultan di hari terakhirnya bertugas di DIY. “Saya datang dengan Pak Kapolda (Pak Asep) karena saya ingin mohon pamit sekaligus minta doa restu agar saat bertugas di tempat baru bisa menjalankan dengan baik,” pungkas jendral polisi yang gemar bersepeda ini. 

Baca Juga: Liburan di Yogya, Kapolda Minta Jangan Hanya Percaya Google Map

Bersama Sultan, dua jendral polisi tersebut menggelar makan siang tertutup di Gedong Wilis. Kapolda Irjen Pol Asep Suhendar sempat menyampaikan bawasanya ia datang untuk ‘kulonuwun’ dengan Sultan. 

“Saya ke sini untuk kulonuwun pada Sultan, bersilaturahmi dan makan siang,” ungkap Asep singkat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI