IZI Ikut Berdayakan Masyarakat Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama ini program pemberdayaan melalui pengelolaan dana zakat semakin digencarkan. Salah satunya dilakukan oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Yogyakarta dengan berbagai program yang ada. Dana zakat dikelola tidak hanya disalurkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,namun ikut membantu peningkatan kesejahteraan para penerimanya.

“IZI merupakan spin off dari PKPU dan saat ini telah hadir di 17 Propinsi termasuk Yogyakarta. Khusus untuk Yogyakarta setiap tahun menargetkan pengelolaan zakat dari masyarakat sebesar Rp5 miliar dan sebesar 90 persen dana akan dikembalikan ke masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan bidang sosial lainnya,” kata Kepala Cabang IZI Yogyakarta Erdi Erfiandi saat bersilaturahmi dengan Komisaris Utama PT BP Kedaulatan Rakyat Prof Inajati Indriasjanti, Selasa (9/3).

Menurut Erdi IZI juga menjalin kerjasama penerimaan zakat melalui kerjasama dengan pihak lain (zakat terikat). Misalnya dengan BUMN dan dikembalikan dalam bentuk pemberian lapak dagangan termasuk modal dan bimbingan usaha kepada pengusaha kecil. Lalu memberikan bantuan bagi manula yang terkena imbas Covid-19 hasil kerjasama dengan bank syariah. Bahkan, di Kabupaten Gunungkidul pihaknya memberikan bantuan laptop lengkap dengan pemasangan jaringan internet guna mendukung pembelajaran jarak jauh bagi muris SD-SMA.

BERITA REKOMENDASI