Jadi Favorit Pemudik, KAI Siap Tambah Rangkaian Kereta Baru

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kereta Api mencatatkan diri sebagai transportasi darat andalan pada masa mudik-balik Lebaran 2019 ditandai jumlah penumpang yang terus meningkat. PT KAI Persero sebagai perusahaan yang menaungi moda transportasi kereta api pun siap menambah armada rangkaian kereta baru untuk mengakomodasi meningkatnya animo pengguna.

Direktur Utama PT KAI Persero, Edi Sukmoro mengungkap secara keseluruhan nasional, tingkat kenaikan penumpang kereta api mencapai 4 persen. Di Daop 6 Yogyakarta sendiri, KAI mencatat secara keseluruhan ada peningkatan penumpang sebanyak 10 persen dibandingkan dengan masa angkutan Lebaran tahun 2018 lalu.

“Kenaikan penumpang terjadi di masa Lebaran 2019 ini, di Daop 6 sampai 10 persen sementara untuk keseluruhan mencapai 4 persen. Kereta api memang terbatas dengan jumlah tempat duduk jadi penambahan penumpang memang maksimal dengan persentase tersebut menyesuaikan jumlah kursi,” ungkap Edi ketika ditemui wartawan Senin (10/6/2019).

KAI menurut Edi pun bersiap melakukan penambahan rangkaian kereta api untuk menunjang pelayanan pada penumpang. “Kita pasti lakukan (penambahan), tentu saja tetap melihat kemampuan kereta api sendiri. Namun percayalah bahwa kereta api badannya sebagai publik service jadi kita berupaya menambah armada,” sambung Edi.

Sementara di masa mudik Lebaran kali ini, penumpang yang melewati 11 stasiun besar di Indonesia salah satunya Tugu Yogyakarta bisa mengakses co working space yang sengaja disiapkan KAI. “Ini salah satu bentuk layanan kami, ada co working space di 11 stasiun besar sementara ini, harapannya bisa diakses penumpang terutama yang milenial agar nyaman di stasiun,” ungkap Edi lagi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI