Jadi Shelter Isoter, Sultan Minta Eks Hotel Mutiara Segera Difungsikan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua gedung eks Hotel Mutiara di Jalan Malioboro akan digunakan sebagai shelter isolasi terpusat (isoter) warga yang terpapar virus Covid-19. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun berharap lokasi itu segera difungsikan untuk menampung warga dengab gejala ringan yang tak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sultan mengatakan saat ini Kementrian PUPR sedang melakukan koordinasi dengan PLN untuk mengalirkan kembali listrik di dua bangunan bernilai lebih dari Rp 170 miliar tersebut. Tim dari Kementrian PUPR diakui Sultan sudah datang meninjau langsung dan melakukan pemantauan.

“Saat ini sedang berkirim surat ke PLN untuk listriknya, nanti yang mengerjakan dari Kementrian PUPR. Pusat sudah datang, sudah memantau, hanya saja masih harus koordinasi dengan PLN,” ungkap Sultan, Selasa (03/08/2021).

Pemda DIY sampai saat ini belum mengetahui kapan kedua bangunan itu akan difungsikan. “Difungsikan kapan, ya kalau saya harus secepat mungkin. Namun pengoperasian kapan, kita menunggu PU seperti apa,” sambung Sultan.

Sebelumnya, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan ada sekitar 210 tempat tidur yang bisa digunakan di eks Hotel Mutiara. 80 berada di sebelah utara dan 130 lainnya di bangunan selatan.

“Kapasitas sekitar 130-140 di selatan dan di sebelah utara itu 80 bed. Nanti diproyeksikan jadi lokasi isoter, jadi untuk yang bergejala ringan,” ungkap Aji. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI