Jadwal Keberangkatan KA Bandara Diperpanjang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Sesuai rencana Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo akan beroperasi penuh pada Maret 2020. Untuk menyambutnya, PT KAI Daop 6 Yogya pun memperpanjang 'jam terbang' KA Bandara, baik jadwal keberangkatan maupun durasi perjalanan.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Eko Budiyanto, KA Bandara sengaja didesain khusus untuk mengakomodasi calon penumpang pesawat terbang dari Yogya maupun penumpang pesawat yang hendak ke pusat Kota Yogya. "Mulai sekarang jam berangkatnya menjadi lebih pagi serta perjalanannya juga lebih banyak," jelasnya.

Sebelumnya, KA Bandara berangkat dari Yogya paling pagi pukul 04.20 WIB, sedangkan mulai sekarang maju pukul 03.35 WIB serta keberangkatan terakhir pukul 20.10 WIB. Selain itu, durasi perjalanan dari 20 kali pulang pergi (PP), bertambah menjadi 24 kali PP, disediakan pula.cek in mandiri di Stasiun Maguwo maupun Tugu Yogyakarta.

Eko menambahkan, KA Bandara memiliki tujuan akhir ke Stasiun Wojo serta Kebumen. Khusus penumpang dengan tujuan Stasiun Wojo okupansinya masih 10 persen. Sedangkan untuk tujuan Kebumen mencapai 60 persen.

"Untuk yang ke Stasiun Wojo ini memang masih rendah karena pesawat terbang yang sudah beroperasi di YIA juga belum banyak," imbuhnya.

Ke depan, dirinya optimis tingkat okupansi akan melonjak tajam. Terutama ketika YIA sudah beroperasi penuh 100 persen. Hal ini karena perjalanan kereta api saat ini semakin nyaman serta bebas dari kemacetan jika dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara waktu tempuh dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo hanya 60 menit. Sedangkan dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Wojo 43 menit. Selanjutnya, untuk menuju YIA, penumpang bisa melanjutkan perjalanan menggunakan armada bus Damri.

Untuk harga tiket KA Bandara juga masih diberlakukan tarif promo yakni Rp 15.000. "Selama persediaan masih ada, pemesanan tiket bisa go show atau saat hendak berangkat. Penumpang juga bisa memanfaatkan rangkaian kereta lain seperti Pramek dan Joglosemarkerto," tandasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI