Jaga Kebersamaan, FJR Bumikan Budaya Gotong-Royong dan Musyawarah Mufakat

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat Indonesia termasuk DIY punya nilai-nilai hidup (value) yang khas yaitu gotong-royong dengan mengedepankan musyawarah mufakat. Nilai-nilai tersebut mencoba dibumikan dan dibudayakan kembali oleh Forum Jogja Rembug (FJR) di tengah kehidupan yang semakin hedonis dan individualistis.

Ketua Umum sekaligus pendiri FJR, Cahyo Wening Suharno atau yang akrab disapa Cak Harno, sebagai organisasi independen (non partisan), FJR selalu berupaya mengajak masyarakat untuk bermusyawarah/berembug secara kekeluargaan ketika menghadapi masalah atau perselisihan. "Meskipun sebagai negara hukum ada mekanisme jalur hukum yang bisa ditempuh, tapi alangkah baiknya jika diselesaikan dulu secara musyawarah mufakat dalam mencari jalan keluar bersama," terang Cak Harno kepada KRjogja.com disela acara HUT ke-9 FJR di Kampung Sitisewu Sosromenduran Yogyakarta, Minggu (18/3/2018).

Menurut Cah Harno, dalam menjalankan perannya sebagai mediator, FJR selalu berkoordinasi dengan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah. Selain itu, FJR juga bergerak diberbagai kegiatan sosial dan terlibat aktif dalam upaya penanggulangan bencana berkoordinasi dengan stakeholders terkait. "FJR menjadi wadah berorganisasi berbagai kalangan termasuk pemuda," ujarnya. HUT ke-9 FJR dibarengkan peryaan ultah Cak Harno berusia 61 tahun dimeriahkan hiburan hadroh serta pembagian sembako bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Pembina sekaligus penasehat FJR Ir Kusnanto MM menambahkan, dalam setiap kegiatannya FJR selalu berpegang pada teguh pada Pancasila, UUD 1945 dan berkomitmen menjaga kesatuan NKRI. FJR tidak mentolerir paham radikalisme serta segala upaya yang mencoba merongrong ideologi dan mengancam NKRI. Hal positif lainnya yang dimiliki FJR adalah ikatan persaudaraan yang sangat kuat antaranggota, serta aktif membantu sesama. "Dengan bermitra bersama TNI dan Polri, FJR mengajak masyarakat untuk menjaga NKRI dengan membudayakan gotong-royong dan musyawarah mufakat," katanya. (Dev)

 

FJR

BERITA REKOMENDASI