Jakarta Banjir, Ratusan Calon Penumpang di Bandara Yogya Terlantar

YOGYA, KRJOGJA.com – Ratusan calon penumpang dari Bandara Adisucipto Yogyakarta dan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) ikut terkena imbas banjir Jakarta yang mengakibatkan 'run way' di Bandara Halim Perdanakusuma terendam banjir. Total ada tujuh penerbangan dari menuju Halim yang terkena imbas.

Ketujuh penerbangan tersebut milik maskapai penerbangan Batik Air dan Citilink. Lima penerbangan dari Bandara Adisucipto, yakni Batik Air ID7530, Citilink QG101, Batik Air ID7532, Citilink QG100 dan Batik Air ID7531. Dua penerbangan lainnya melalui YIA, yakni Citilink QG133 dan Citilink QG132.

Dampak dari kejadian ini, lebih dari 700 calon penumpang tidak bisa terbang sesuai dengan jam yang tertera dalam tiket. Beberapa dari mereka ada yang sudah datang sejak pagi, karena di jadwal akan terbang pukul 07.15 WIB.

"Untuk Citilink sudah langsung memutuskan membatalkan penerbangannya. Mungkin karena melihat situasi di Halim. Sedangkan Batik sempat menginformasikan 'delay' sambil menunggu jam penerbangan berikutnya," ujar General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisucipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Rabu (1/1/2020).

Namun, saat ini semua penerbangan yang menuju ke Halim sudah dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Hal itu berdasarkan instruksi dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Penerbangan yang melalui bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) dipindahkan ke bandara Soeta (CGK), adalah Batik Air ID 7530, ID 7532, ID 7536, ID 7540 dan Citilink QG 105.

"Sampai saat ini sejumlah calon penumpang masih tetap menunggu di ruang tunggu. Namun ada yang membeli tiket penerbangan ke maskapai lain," ujar Agus Pandu. (Awh) 

BERITA REKOMENDASI