Jakarta PSBB, Jumlah Pemudik ke DIY Berkurang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta yang dimulai sejak Jumat 10 April lalu mulai membawa dampak. Jumlah pemudik ke DIY diklaim mengalami penurunan hingga Senin (13/4/2020) hari ini.

Sekda Pemda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyebut sejak Jumat hingga hari ini jumlah pemudik ditaksir menurun, meski belum ada data detail terkait hal tersebut. Pemda DIY melalui Dinas Perhubungan sudah meletakkan pos pemantauan di tiga jalan masuk utama yakni di Prambanan, Jalan Wates dan Jalan Magelang untuk menerapkan standar operasi terbaru.

“Dampak PSBB di Jakarta dan sekitarnya tampaknya belum membawa efek penambahan orang datang. Justru sampai hari ini orang dari luar tak terlalu banyak masuk. Justru lebih banyak yang beberapa waktu lalu itu sebelum PSBB. Harapan kota, kalau di Jadetabek sudah dikover oleh pemda sana, ya mereka jenak di sana dan tak kembali ke DIY dulu,” ungkap Aji usai rapat Komisi A DPRD DIY, Senin (13/4/2020).

Meski ada kans penurunan pendatang, namun Pemda DIY terus melakukan pemantauan intensif di pintu-pintu masuk. Peraturan yang saat ini masih menanti Permenhub terkait pembatasan jumlah penumpang mulai diterapkan.

BERITA REKOMENDASI