Jalan Nordic ‘4bhe’ Susuri Kotatua Kotagede

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Komunitas Jalan Nordic alumni SMAN 4 Yogyakarta atau ‘4bhe Nordic Club’, mengadakan jalan Nordic menyelusuri kota tua Kotagede Yogya, Minggu (16/1/22). Acara yang diikuti sekitar 80 orang dari berbagai kota tersebut dilaksanakan tetap dalam disiplin protokol Kesehatan.

“Sekaligus kami ajak peserta mengenal dan menghargai peninggalan serta arsitektur kota tua masa kerajaan Mataram” kata Nova Daryanto, ketua pelaksana acara tersebut, di sela-sela acara, didampingi ketua KJNI (Kelompok Jalan Nordic) DIY, Lukman.

Ditengah perjalanan peserta istirahat di rumah cagar budaya ndalem Moeljohardjono. Sambil peserta berfoto di lokasi rumah arsitektur bergaya Indis yang masih terawat baik tersebut, peserta menikmati makanan khas Kotagede seperti Kipo, minuman Setup Jambu, Yangko, Kembangwaru.

“Kotagede ini kaya makanan khas, selain juga terkenal karena kerajinan peraknya” kata Yuni, pengelola rumah cagar budaya di kampung alun-alun kotagede tersebut.

Olahraga jalan Nordic adalah jalan kaki menggunakan sepasang tongkat Nordic, sehingga kaki dan tangan bergerak selaras. Olahraga yang makin banyak diminati itu berkrbang dari eropa dibawa ke Yogya oleh mahasiswa Indonesia yang tugas belajar di benua tersebut. Di Indonesia selain Jakarta, justru berkembang pesat di Yogyakarta, Cepu dan Bandung.

“Unsur olahraga dan silaturahmi berjalan beriringan “ kata Nova Daryuanto, sehingga jalan Nordic makin banyak pesertanya.

Untuk kegiatan kelompok bersama, pernah juga dilakukan menyelusuri Borobudur dan desa sekitarnya, Desa Wisata di Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. Peserta jalan Nordic, biasanya bukan hanya yang berasal Yoogyakarta, namun banyak juga dari luar DIY.

Acara diakhiroi denghan pembagian doorprize berupa tongkat Nordic dan perlengkapannya.(Ioc)

BERITA REKOMENDASI