Jalur Mangunan-Breksi-Kalibiru Rawan Kecelakaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga lokasi yakni Kebun Buah dan Pinus Mangunan di Bantul, Tebing Breksi di Sleman dan Kalibiru di Kulonprogo menjadi primadona wisata dua tahun terakhir. Ribuan pelancong berbondong-bondong mengunjungi kawasan-kawasan eksotis tersebut untuk menghabiskan waktu libur.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta mengatakan ketiga lokasi wisata yang terhitung baru tersebut memang kini tengah digandrungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kunjungan Barrack Obama hingga artis-artis yang memposting foto melalui sosial media dianggap menjadi nilai tambah kemajuan yang dialami objek wisata di tiga kabupaten berbeda ini.

“Tiga lokasi yakni Breksi, Mangunan dan Kalibiru memang jadi tujuan baru wisatawan yang ke Yogyakarta, termasuk di akhir tahun 2017 ini. Namun, kondisi jalan menuju lokasi-lokasi tersebut cukup rawan karena curam dan berkelok jadi memang perlu kewaspadaan,” ungkapnya kepada wartawan Rabu (20/12/2017).

Dinas Pariwisata bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat kini tengah menggagas angkutan alternatif agar bus-bus besar tak lagi repot mencapai lokasi yang akhirnya malah mencelakakan penumpang seperti yang baru-baru ini terjadi. “Memang tak bisa langsung terlaksana, jadi untuk libur akhir tahun ini kami berharap wisatawan waspada dan berhati-hati saat berkendara menuju dan dari lokasi tersebut,” sambungnya.

Sementara pihak kepolisian melalui Kepala Kesatuan Binmas Polda DIY Kompol Asep Suherman menerangkan pihaknya bakal menyiagakan personil di jalan-jalan yang memang dirasa rawan kecelakaan. Polisi menurut Asep juga siap berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk masyarakat melalui Pokdarwis.

“Kami siap memasang himbauan dan menyiagakan personil misalnya di jalur wisata seperti Mangunan atau Kalibiru dan Breksi di masa libur akhir tahun kali ini. Polisi juga siap berkoordinasi dengan Pokdarwis setempat terkait pengamanan baik di lokasi maupun jalur menuju lokasi,” terangnya.

Belum lama ini, empat orang meninggal dunia saat sebuah bus menabrak tebing pembatas jurang di rute Mangunan Imogiri Bantul. Bus tersebut mengalami rem blong karena melintasi jalanan curam yang semestinya tak diakses kendaraan besar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI