Jambore Pasraman Resmi Dibuka, Anak-Anak Muda Hindu Diminta Bela NKRI

SLEMAN (KRjogja.com) – Jamboren Pasraman Tingkat Basional IV 2016 yang diselenggarakan di Sheraton Hotel 26-29 Juli 2016 secara resmi dibuka Selasa (26/7/2016) malam. Pemerintah mengharapkan anak-anak muda Hindu di seluruh Indonesia menjadi tonggak pertama penggerak patriotisme NKRI.

Sekretaris Jendral Kementrian Agama, M Nur Syam yang secara langsung membuka jambore mengatakan kegiatan tersebut dirasa sangat positif mengingat kesadaran berbangsa dengan kebhinekaan harus dipupuj sejak dini. Menurut dia, berkumpulnya anak-anak muda Hindu dari seluruh Indonesia dapat memunculkan dinamika yang tentu saja menambah pemahaman dan wawasan pada bidang keagamaan serta kebangsaan.

"Kegiatan Pasraman ini merupakan salah satu kegiatab yang sangat positif dan kami sangat mengharapkan secara terus menerus memupuk rasa nasionalisme serta semangat membangun demi kejayaan bangsa. Kesadaran ini harys dibangun sejak dini dan saat inilah waktu yang tepat, dalam kegiatan bersama anak-anak muda tunas bangsa ini," ungkapnya.

Sementara ketua Jambore Pasraman IV Ida Bagus Gde Subawa menyampaikan kegiatan tersebut diikuti oleh 471 peserta dari 32 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi mengirimkan 15 siswa usia SD hingga SMA, hanya Nanggroe Aceh Darrusalam yang mengirimkan 5 wakil dan mereka akan bertanding dalam beberapa lomba antara lain Mantram Tri Sandhya, Kramaning Sembah, Pelafalan Doa Harian, Cipta Lagu Kreasi Keagamaan Hindu, Cipta dan Baca Puisi Keagamaan Hindu, Bercerita Keagamaan Hindu, Yoga Asanas dan Out Bond.

"Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran tentang sikap spiritual, sosial dan penghayatan tentang pengamalan ajaran agama Hindu yang adiluhung. Masa saat ini kami rasakan menjadi momen tepat untuk memberikan fondasi kuat pada generasi muda dan semoga melalui kegiatan ini tujuan tersebut dapat tercapai," terangnya.

Acara pembukaan sendiri berlangsung meriah dengan penampilan tari Golek Ayun-Ayun dan ditutup dengan tarian kolosal bertajuk Rama Berguru. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI