Jambu Biji Menjaga Kesehatan Kulit

Editor: Ivan Aditya

JAMBU biji atau jambu kluthuk rasanya manis, bisa tumbuh liar di kebun, pematang sawah atau dibudidayakan sebagai tambahan penghasilan bagi petani. Rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah, membuat jambu biji atau jambu kluthuk banyak digemari masyarakat. Namun ternyata jambu bji juga mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Dalam Serat Jampi Jawi yang berisi hampir 291 resep jamu tradisional, merupakan warisan leluhur yang hingga kini masih relevan untuk dilestarikan. “Yen sira kepengin awet enom, ngalusake kulit, ngilangi kukul ora gampang kriput, dhahara jambu kluthuk. Tetela akeh manfaate kanggao kesehatan kulit”. Kalau kamu ingin awet muda, kulit halus, menghilangkan jerawat bahkan mencegah keriput, banyaklah mengonsomsi jambu biji. Demikian kira-kira bunyi petikan resep Jamu Jampi Jawi yasan para leluhur, yang selalu dilakukan para orangtua meski saat ini sudah banyak beragam obat produksi pabrik.

Manfaat buah jambu biji, baik isinya berwarna merah atau putih sangat banyak untuk kesehatan. Bilamana keluarga, teman atau saudara dirawat di rumah sakit karena menderita demam berdarah bawakanlah buah jambu biji merah. Karena buah jambu biji merah, ternyata juga bisa untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Karena kandungan vitamin A, C, kalium dan zat-zat antioksidan serta nutrisi lain maka cepat membantu pertumbuhan trombosit pada penderita penyakit demam berdarah.

Bagi seseorang yang berat badannya berlebihan, ternyata dengan mengonsomsi jambu biji ternyata mampu menyeimbangkan berat badan. Untuk diet menurunkan berat badan, karena kalorinya yang rendah disamping serat tinggi membuat cepat kenyang. Bisa dikonsomsi langsung sebagai makanan, atau camilan rasanya segar.

Sedangkan bagi wanita, yang kerap kali merasakan nyeri pada waktu haid sehingga mengganggu aktivitas harian ternyata mengonsomsi daun jambu biji akan mengurangi rasa nyeri. Bisa disedu dengan air panas, diminum ketika sudah suam-suam kuku pagi atau sore.

Menjaga kesehatan kulit, yakni kandungan vitamin dan antioksidan mampu mencegah penuaan dini serta keriput. Kecuali itu, juga bisa menghilangkan jerawat. Disamping makan buah jambu biji, daunnya dipipis lembut kemudian dibalurkan atau dibuat masker beberapa menit. Kulit akan terlihat mengkilap, dan jerawat pun hilang.

Daun jambu biji, ternyata juga efektif untuk menurunkan kadar gula darah, caranya minum teh daun buah jambu biji secukupnya secara rutin. Karena mengandung antioksidan, jambu biji juga mempu mengatasi risiko tekanan darah.

Vitamin C merupakan senyawa yang cukup berperanan dalam mempertahankan sistem imunitas tubuh, jambu biji tidak hanya sumber serat tetapi juga sumber vitamin C sehingga mampu melindungi inveksi bakteri dan virus. Flu merupakan penyakit langganan bagi setiap orang, dengan banyak mengonsomsi jambu biji ternyata mampu mencegah atau mengatasi gangguan flu atau pilek. Caranya dengan meminum teh daun jambu biji, atau juga jus jambu secara teratur.

Itulah beberapa manfaat jambu biji atau jambu kluthuk, dimana para leluhur memanfaatkan tumbuhan, biji atau umbi-umbian di sekitar lingkungan dan mudah didapat. Dengan pedoman tamba teka lara lunga, para leluhur terus memberikan jamu sebagai penangkal penyakit atau bagi kesehatan tubuh. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI