Jamin Keamanan Natal, Polisi Sterilisasi Gereja di Sleman

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sabtu (22/12/2018) pagi suasana di Gereja Keluarga Kudus Banteng Jalan Kaliurang Sinduharjo Ngaglik Kabupaten Sleman terlihat cukup lengang. Hanya ada beberapa umat di dalam gereja yang sedang mempersiapkan perayaan Natal untuk 24-25 Desember nanti. 

Mobil penjinak bom dari Polda DIY tampak terparkir di salah satu sudut parkiran gereja tersebut. Tak kurang 10 anggota turun dan melakukan pemeriksaan di seluruh area gereja. 

Altar, bangku umat, taman hingga sisi-sisi bangunan di seluruh gereja disisir oleh para petugas kepolisian. Tak luput, alat deteksi metal berbagai jenis juga dibawa untuk memastikan area tersebut aman dari bahan-bahan berbahaya. 

Jajaran kepolisian dari Brimob Polda DIY dan Polres Sleman melakukan sterilisasi gereja di wilayah Sleman. 20 tempat ibadah dari total 117 yang ada di wilayah Sleman disasar karena dinilai cukup rawan terjadi aksi tak diinginkan. 

Bahkan Kapolres Sleman yang baru beberapa hari menjabat, AKBP Rizki Ferdiansyah turun langsung untuk memantau proses sterilisasi tersebut. Kepada wartawan, Kapolres mengaku pihaknya berupaya memberikan rasa aman dan nyaman pada umat Kristiani yang akan merayakan Hari Natal. 

“Hari ini kami lakukan sterilisasi gereja yang akan merayakan Natal 24-25 Desember. Ini bentuk pelayanan kami untuk memberikan rasa aman jemaat merayakan ibadah, antisipasi jika ada kejadian mengusik dalam perayaan,” ungkapnya usai sterilisasi. 

Polres Sleman menurut Rizki menyiagakan 900 lebih anggota yang akan disebar ke titik-titik tempat ibadah dengan koordinasi dengan tiap polsek dan internal gereja. “Kami siagakan 24 jam termasuk backup dari Sabhara, Brimob Polda DIY,” tegasnya. 

Luki Kurniawan Ketua Panitia Natal Gereja Banteng mengaku cukup tenang setelah adanya pemeriksaan dari kepolisian. Gereja Banteng sendiri menurut dia menggelar tiga kali misa yakni 2 kali misa di malam natal 24 Desember pukul 17.30 dan 21.00 WIB serta 25 Desember pagi untuk misa anak-anak. 

“Umat di ibadah Natal kali ini kami prediksi lebih dari 2000-an umat yang hadir. Kami terimakasih karena dibantu diamankan dari kepolisian dan harapannya misa Natal berlangsung lancar tidak ada kejadian penghambat,” ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI