Jamin Kenyamanan Pasien, RSUP Dr Sardjito Tambah Gedung Layanan

YOGYA, KRJOGJA.com – RSUP Dr Sardjito secara resmi membuka paviliun Indraprastha di Instalansi Rawat Inap (IRNA) III. Ruang rawat inap tersebut diresmikan oleh Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Dr dr Darwito SH SpB(K) Onk, didampingi sejumlah pejabat rumah sakit.

Darwito mengungkapkan fasilitas ini diharapkan tepat sasaran secara profit maupun benefit, itulah fungsi pelayanan di RSUP Dr Sardjito. “Pemerintah sudah mengeluarkan anggaran, menjadi kewajiban kita untuk memanfaatkan fasilitas sebaik-bakna," katanya, Selasa (9/1/2018).

Ruang rawat inap Indraprastha 1-2-3 berada di Gedung Pusat Jantung Terpadu (PJT) sayap utara timur lantai 5-6-7. Per lantai terdiri dari 12 kamar, dengan penetapan kelas VVIP A setara kelas VVIP A Ayodya.

"Sejak 5 Januari 2018 ini dibuka pelayanan di Indraprastha 2 lantai 6 dan akan dilanjutkan Indraprastha 1 dan 3. Seperti Ayodya dan Amarta, Rawat Inap Indrapastha juga merawat pasien dewasa dengan kasus penyakit dalam, bedah, obsgin, mata, kulit, THT," katanya.

Darwito menjelaskan kenapa diberi nama Indraprastha gedung layanan tersebut. Berdasarkan kitab Mahabharata, Kandawaprastha merupakan ibukota kerajaan besar di India dan diperintah para leluhur Pandawa dan Korawa.

Namun kota tersebut menjadi gersang dengan berbagai penyakit yang mewabah akibat kutukan para resi. Saat diberikan kepada Pandawa, Kandawaprastha merupakan kota gersang dan berpenyakit kemudian Sri Kresna memanggil Dewa Indra untuk membantu Yudhistira memperbaiki negeri tersebut.

Dewa Indra memunculkan Wismakarman, arsitek para dewa yang akhirnya berhasil mengusir segala penyakit dan menyuburkan kembali daerah yang gersang. Sesuai janji Kresna, akhirnya Kandawaprastha diberi nama Indraprastha.

"Diharapkan nanti semua pasien yang dirawat di ruang VVIP Indrapratha akan dihilangkan penyakitnya, disembuhkan dan pulang dalam keadaan sehat wal afiat. Dengan layanan baru ini, tentunya akan menambah semangat melayani semakin baik," katanya. (R-3)

BERITA REKOMENDASI