Jangan Coba-Coba Bawa Barang Berbahaya ke Stasiun, Anjing Pelacak Siaga!

YOGYA, KRJOGJA.com – PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta memulai gelar pasukan angkutan Lebaran 2017, Kamis (15/6/2017). Tak kurang 800 personil keamanan disiagakan di stasiun-stasiun yang masuk kawasan otoritas Daop 6 Yogyakarta termasuk anjing pelacak dari pasukan K-9 Polisi.

Kepala Daop 6 Yogyakarta Hendy Helmi mengatakan pasukan K-9 tersebut turut disiagakan di stasiun-stasiun besar wilayah Daop 6 untuk mencegah adanya bahan berbahaya yang coba dimasukkan oleh oknum tak bertanggungjawab. Menurut Hendy, pihaknya berusaha melakukan tindakan preventif setelah melihat maraknya aksi teror di berbagai wilayah belakangan ini.

"Kami tak ingin kecolongan dan menyiagakan K-9 di stasiun untuk mengantisipasi bahan peledak dan narkoba. K9 kita siagakan untuk melacak barang yang sifatnya membahayakan tapi tak terlihat secara kasat mata," ungkapnya.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta sendiri bakal menyiagakan posko angkutan Lebaran mulai 15 Juni 2017 hingga 11 Juli 2017 dengan anggota keamanan hingga 800 personil terdiri dari internal KAI dan TNI Polri. "Total anggota kita 500 sementara tambahan dari TNI Polri ada total 300 personil jadi 800 lebih yang kita siagakan selama angkutan Lebaran jadi penumpang kereta api harapannya semakin nyaman dan aman," lanjutnya.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menghimbau pada calon penumpang untuk tak coba-coba membawa barang berbahaya saat hendak menggunakan moda transportasi kereta api. "Petugas keamanan kami akan melakukan pengecekan barang bawaan, semua untuk kenyamanan dan keamanan bersama. Harapannya penumpang tak membawa barang berbahaya saat melakukan perjalanan kereta api," terangnya.

Selama angkutan Lebaran 2017 sendiri Daop 6 Yogyakarta memprediksi peningkatan jumlah penumpang mencapai 2 hingga 3 persen dari hari biasa yakni 3904 orang. "Kereta tambahan sudah beroperasi mulai hari ini termasuk Mataram Premium sehingga total tambahan seat kita 3904," lanjut Eko. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI