Jangan Hanya Jadi Penonton, Awasi Pajak yang Anda Bayarkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Masyarakat umum bisa ikut terlibat melakukan pengawasan pajak daerah. Terutama menyangkut ketaatan pelaku usaha dalam memenuhi kewajiban mereka untuk membayar pajak daerah.

Pengawasan tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi ‘Waspada’ yang dapat diakses melalui Jogja Smart Service (JSS). Dengan begitu, pengawasan ketaatan wajib pajak tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah tetapi juga masyarakat.

“‘Waspada’ adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan pajak daerah. Laporan disampaikan secara daring,” jelas Kepala Subbidang Penetapan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogya Muhamad Rohmat Romadhon, beberapa waktu lalu.

Pelaku usaha yang termasuk dalam program pengawasan ‘Waspada’ adalah hotel, restoran, parkir, dan hiburan. Masyarakat bisa mengunggah foto bukti transaksi atau nota yang menampilkan nomor wajib pajak pelaku usaha, nilai transaksi, dan nilai pajak yang sudah dibayarkan. “Masyarakat bisa melaporkan jika dalam nota tersebut belum disertai nomor wajib pajak atau tambahan nilai pajak yang harus dibayarkan. Nanti kami akan melakukan verifikasi dan pengecekan,” imbuh Rohmat.

Rohmat mengatakan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pajak daerah sangat penting agar setiap pelaku usaha taat memenuhi kewajiban membayar pajak. “Siapa tahu, transaksi yang dilaporkan masyarakat tersebut belum dimasukkan dalam penghitungan pajak. Jadi, kami bisa menagihnya,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI