Jangan Lupa, Besok Digelar Grebeg Syawal

YOGYA, KRJOGJA.com – Abdi dalem Kraton Yogyakarta tampak sibuk menyiapkan gunungan untuk prosesi Hajad Dalem Garebeg Sawal 1952 dalam rangka memperingati Idul Fitri 1440 H.

Proses Hajad Dalem Garebeg Syawal dijadwalkan pada Rabu 5 Juni 2019.
Dari informasi yang dihimpun KRJOGJA.com, sebanyak tujuh gunungan yang akan dihadirkan pada saat hari raya. Tujuh gunungan tersebut diusung oleh para abdi dalem dan dikawal prajurit Bregodo dari Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menuju tiga tempat.

"Lima gunungan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, satu dibawa ke Pura Pakualaman, dan satu lagi dibawa ke Kantor Kepatihan. Sisanya ditaro masjid Gedhe," Kata Penewu Abdi Dalam Sendiko Dauh ketika ditemui.

Panewu menjelaskan, pembuatan hingga proses merangkai membutuhkan waktu cukup lama. Hingga pada malam takbiran, Gunungan ini masih dalam prosos pengerjaan.

" Rabu jam empat pagi pada hari H dibawa ke Keben. Disana juga masih dirangkai lagi terus nanti ada upacara yang resmi jam 11 siang. Masing- masing dibawa ke Masjid Gedhe Kauman yang satunya dibawa ke Pakualaman dan di Kepatihan," tambahanya.

Setelah selesai dirangkai, diserahterimakan dan didoakan di tiga tempat tersebut, seperti sebelum-sebelumnya, gunungan berupa hasil bumi lalu diperebutkan oleh warga masyarakat. Berupa hasil bumi seperti kacang panjang, cabai rawit merah, buah-buahan dan ada juga rengginang matah.

Hal itu melambangkan bentuk buah hasil dari para petani panen. Hasil dari rebutan Gunungan itu bisa disimpen juga bisa dimakan. Karena memiliki berkah didalamnya.

" Pada hari H lebaran Idul Fitri ke tujuh Gunungan akan dilakukan upaca sekitar pukul 11 WIB di ke tiga masing- masing tempat," pungkasnya. ( Ive)

BERITA REKOMENDASI