Jangan Lupakan Kesenian Yogya, Nonton Ketoprak di Sekaten Yuk..

YOGYA, KRJOGJA.com – Acara Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) pada malam hari semakin terasa dengan hadirnya beragam hiburan di panggung kesenian. Masyarakat tampak terhibur dengan beragam hiburan yang tampil khususnya kesenian ketoprak. Salah satunya seperti yang dimainkan oleh para seniman ketoprak Tri Upoyo di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Berkisah tentang cerita dari sebuah kerajaan bernama Yawastino dimana seorang raja Prabu Silah Kromo yang jatuh cinta pada istri dari patihnya sendiri. Raja jatuh hati pada Sri Tanjung istri dari patih Sido pakso. Raja yang ingin menikahi istri patihnya ini berakhir menyedihkan, sampai akhirnya sang raja dibunuh oleh patih Sido Pakso.

Dengan duduk lesehan dan beralas plastik penonton sangat menikmati penampilan dari ketoprak mulai dari aktor, sampai alur ceritanya yang sangat menghibur. Acara ini ternyata masih menjadi hiburan yang ditunggu banyak kalangan, khususnya mereka penikmat kesenian tradisional. 
“Senang setiap ada panggung gini kalo sekaten dan ketopraknya menghibur. Saya dan bapak suka nonton ketoprak,” ungkap Ali (24) asal Sleman bersama ayahnya yang datang di arena sekaten, Minggu (11/11/2018).

Tak hanya menonton ketoprak saja, pengunjung juga bisa menikmati beragam makanan dan minuman yang tersedia di pinggir panggung, seperti angkringan dan rebusan kacang, ubi dan jagung serta minuman teh atau kopi. 

Bagi anda yang suka dengan ragam kesenian tradisonal tak ada salahnya untuk mampir dan menyaksikan panggung hiburan PMPS. Dijamin seru dan menyenangkan. (Tria Hartina/UMY)

BERITA REKOMENDASI