Jangan Macam-Macam di Kota Yogya, Banyak CCTV!

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Siapa bilang ruangan pemimpin daerah hanya berisi meja kerja mewah dengan sajian camilan dan snack untuk para tamu yang datang? Buktinya, kantor walikota Yogyakarta yang ternyata memiliki layar monitor besar yang menampilkan tak kurang 23 CCTV dari sudut-sudut kota yang strategis namun juga rawan.

 

KRjogja.com Kamis (4/8/2016) berkesempatan mendengarkan langsung penjelasan sistem kerja CCTV dari walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti. Haryadi memaparkan bahwa kegiatan masyarakat di Kota Yogyakarta dapat terpantau melalui CCTV yang terintegrasi di ruangannya tersebut.

"Tujuannya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tindak kejahatan dan bahkan kecelakaan seperti kejadian Tugu Yogyakarta beberapa waktu lalu bisa dimonitor dan diketahui penyebabnya. Kami rasa ini sangat membantu baik pemkot maupun pihak lain seperti aparat penegak hukum dan instansi berwenang lain," ungkapnya.

Total sudah ada 44 titik CCTV di seluruh wilayah Kota Yogyakarta dan dapat diakses real time dari pusat kontrol di Balaikota Yogyakarta. "Jadi jangan punya rencana berbuat jahat di Kota Yogyakarta karena pasti akan terekam," imbuh Haryadi.

Kawasan pusat kota Jalan Malioboro sendiri mendapatkan perhatian khusus dengan adanya 21 CCTV yang tersebar di tiap penggal jalan. Namun, Pemkot juga bisa mengintegrasikan kamera yang juga terpasang di tiap kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.

Kemajuan teknologi salah satunya CCTV yang terintegrasi dan online selama 24 jam ini tampaknya membuat masyarakat bisa semakin tenang dalam beraktivitas. Namun, bagi kamu yang punya niatan buruk jangan coba-coba karena pasti akan mudah terdeteksi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI