Jawab Netizen, Sultan : Normal Baru di DIY Bertahap

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Implementasi konsep kenormalan baru atau sering disebut ‘new normal’ di DIY akan dilakukan secara bertahap. Jadi tidak serta merta ada perubahan drastis. Setidaknya, ada lima tahapan yang harus ditempuh oleh daerah yang sedang menuju kenormalan.

Misalnya tahap pertama prakondisi, di mana setiap daerah harus menyampaikan prakondisi penerapan ‘new normal’ dengan memberikan informasi yang jelas, holistik, dan mudah dipahami oleh masyarakat. Tahapan itu harus disertai aksi pencegahan dan penanganan Covid-19 melalui sosialisasi dan komunikasi publik yang efektif.

“Kenormalan baru di DIY akan dilakukan secara bertahap. Meski begitu seluruh masyarakat harus mulai benar-benar sadar pentingya melaksanakan protokol kesehatan, menerapkan gaya hidup sehat, dan saling berbagi informasi positif kepada orang-orang di sekitarnya. Karena sukses tidaknya rencana implementasi ‘new normal’ tergantung pada kesadaran masyarakat,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwana X ketika merespon pertanyaan dari nitizen ‘dengan tema ‘Kesiapan DIY menghadapi New Normal’ di Yogyakarta, Minggu (14/6).

Lewat program nitizen bertanya Pemda DIY Menjawab tersebut diharapkan bisa memberikan gambaran tentang apa yang sudah dilakukan oleh tim gugus tugas DIY dalam penanganan Covid-19.

BERITA REKOMENDASI