JCACC Rayakan Tiong Ciu di Klenteng Poncowinatan

YOGYA (KRjogja.com) -Tiong Qiu Jie atau Tiong Ciu, malam Bulan Purnama Penuh (fullmoon) yang akan diselenggarakan JCACC (Jogja Chinese Art and Culture Center ) tiap tahun pada pertengahan bulan delapan tanggalan Tiongkok tahun ni jatuh pada Kamis (15/9/2016) malam di Klenteng Poncowinatan.

Ketua Panitia Ellyn Subiyanti menyebutkan panitia yang terdiri dari 14 Paguyuban telah mempersiapkan serangkaian acara mulai dari lelang Kue Bulan, parcel buah dan leontin yang sudah disembahyangi, bagi warga yang memperolehnya dipercaya akan mendapat berkah.

"Ada juga atraksi Liong dr Hoo Hap Hwee yg diperagakan kaum ibu, ada fragmen komedi dari sanggar tari Didik Nini Thowok yang mengkisahkan putri bulan Chang E bersama kelincinya, bertemu dengan arstronot d bulan," papar Ellyn kepada KRjogja.com, Selasa (13/9/2016).

Ellyn menyebutkan ada juga tarian kebudayaan sumbangan dari kesenian Perhimpunan FuQing dan Paguyuban Hakka, atraksi Liong Dupa dimana pengunjung bisa ikut menancapkan dupa pada tubuh Liong yang panjangnya 18 meter.

"Panitia juga menyediakan santap malam bersama masyarakat yang hadir, dan live musik dari Ajiko dengan penyanyi muda San-San," papar Ellyn. (*-2)

 

BERITA REKOMENDASI