JCW Desak Kepsek dan Guru Bocorkan Soal Ujian Disanksi Tegas

YOGYA, KRJOGJA.com – Terungkapnya fakta kebocoran soal ujian Matematika, Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) di SMPN 4 Depok mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya datang dari Jogja Corruption Watch yang meminta oknum-oknum terlibat diganjar dengan sanksi tegas.

Aktivis Jogja Corruption Watch, Baharuddin Kamba mengatakan aksi membocorkan soal ujian yang dilakukan kepala sekolah dan guru merupakan sebuah tindakan yang tidak seharusnya terjadi di manapun, terlebih Yogyakarta sebagai kota pelajar. Hal tersebut merupakan perilaku koruptif terlebih dengan dalih agar anak-anak didiknya lebih menguasai materi ujian namun menggunakan cara tidak terpuji.

“Menurut kami ini jelas mencoreng Yogyakarta sebagai kota pendidikan, merendahkan nilai-nilai kejujuran serta juga tidak menghargai usaha para orangtua yang mengikutsertakana anaknya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) dengan biaya yang tidak murah. Kami menilai kasus ini diusut tuntas dan ditelusuri apakah ada keterlibatan pihak lain,” tandas Kamba, Rabu (14/4/2021).

BERITA REKOMENDASI