JCW Harap Anggota DPR Baru Tidak Korupsi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019 – 2024 resmi dilantik, Selasa (01/10/2019). Menanggapi hal itu, Jogja Corruption Watch (JCW) berpesan kepada para anggota agar berperilaku koruptif dalam menjalankan tugasnya lima tahun ke depan.

DPR RI yang baru dilantik harus berkaca pada kasus korupsi yang menjerat wakil rakyat pada periode 2014 – 2019 lalu. Akibatnya tidak sedikit anggota DPR RI periode lalu terjerat korupsi.

Baca juga :

Pembangunan Hidran Kampung Ditargetkan Rampung Akhir Tahun
Lahan Pertanian di Kota Yogyakarta Masih Subur

"Cukup banyak anggota DPR RI maupun DPRD periode lalu yang terjerat kasus korupsi, maka JCW berharap ke depan para anggota dewan yang baru untuk tidak melakukan korupsi," kata Koordinator Pengurus JCW, Baharuddin Kamba dalam keterangannya, Selasa (02/10/2019).

Dalam catatan JCW rata-rata kasus yang menyeret anggota dewan yakni seperti suap terkait pembahasan anggaran, fee proyek dan pengaruh kebijakan impor serta sebagainya. "Sudah saatnya anggota baru DPR RI tidak ikut bermain proyek. Meskipun ongkos politik saat kampanye sangat besar," ucapnya.

Selain itu hal lain yang menjadi sorotan JCW adalah tingkat kehadiran anggota dewan yang masih minim dan memprihatinkan. JCW berharap kepada anggota legislator maupun senator di Senayan, agar dapat meningatkan kehadirannya.

"Persoalan integritas menjadi suatu hal yang penting dalam menjalankan tugas dan fungsi wakil rakyat. Janji-janji saat kampanye diharapkan dapat ditunaikan meskipun menurut kami itu berat untuk dipenuhi," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI