Jelang Imlek, Doa Bersama di Klenteng Poncowinatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun Baru Imlek 2571  di bawah Shio Tikus diharapkan menjadi tahun yang lebih baik dikarunia keselamatan, kesehatan, kesuksesan,  dan rejeki melimpah. Seperti Tikus yang selalu berada di dekat banyak makanan melimpah yang bermakna kelimpahan rezeki dan kesejahteraan hidup.

Demikian doa bersama yang dipimpin pemuka Konghucu, WS Adjie Chandra dari MAKIN Solo di TITD Tjen Ling Kiong, Klenteng Poncowinatan Yogya, Kamis (23/1). "Setiap tahun dua hari menjelang Imlek rutin digelar doa bersama di Klenteng Poncowinatan. Dengan harapan lebih baik," ucap WS Adjie.

Dia menjelaskan doa bersama ini juga diikuti/dihasdiri selain  umat Tri Dharma (Budha,  Konghucu, Tao) juga didukung Warga Tionghoa dan warga Non Tionghoa dari berbagai latar belakang sosial, suku, agama. "Selain Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD), Klenteng Poncowinatan adalah milik kita bersama,  sebagai tempat berkumpul, berkegiatan sosial, seni, budaya," tutur Pemerhati Peninggalan Sejarah dan Budaya Yogya, Fantoni. 

Dia menyebutkan di usia lebih dari 137 tahun Klenteng Poncowinatan menjadi aset yang harus terus dipelihara.

Dari Yayasan Bhakti Loka  Aryanto Tirtowinoto, menyebutkan sebagai organisasi sosial dalam kiprah klenteng di Yogya tengah menyusun kepengurusan. "Kiprah Klenteng lintas agama,  pengurus dari mereka yang peduli sosial dan budaya," ucapnya. (R-4)

 

BERITA REKOMENDASI