Jelang Imlek, Ketersediaan Pangan di DIY Aman

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketersediaan, harga maupun distribusi bahan pokok (bapok) pangan secara umum terpantau aman guna memenuhi kebutuhan masyarakat DIY jelang Imlek atau pada pekan pertama Februari 2021 ini. Namun fluktuasi harga masih dialami beberapa komoditi bapok pangan seperti daging ayam, telur ayam, cabai dan bawang putih yang dipicu permintaan dan produksi.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto mengatakan beberapa komoditi bapok pangan masih mengalami fluktuasi harga dari hasil pemantauan di beberapa pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Meskipun masih diwarnai fluktuasi harga, dipastikan dari sisi ketersediaan pasokan bapok pangan di DIY masih aman hingga jelang Imlek nantinya.

“Kenaikan harga masih dialami komoditi cabai baik cabai merah keriting dari Rp 38.300 menjadi Rp 44.700/Kg maupun cabao merah besar dari Rp 40.000 menjadi Rp 44.700/Kg dan telur ayam ras dari Rp 20.300 menjadi Rp 20.500 yang masih di bawah harga acuan sebesar Rp 24.000/Kg. Kenaikan harga beberapa komoditas bapok pangan tersebut disebabkan bertambahnya permintaan,” paparnya kepada KR di Yogyakarta, Senin (1/2).

Yanto menjelaskan sebaliknya komoditi bapok pangan yang mengalami tekanan harga terjadi pada daging ayam broiler dari Rp 34.000 menjadi Rp 33.300/Kg yang masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 35.000/Kg. Penurunan harga telur ayam ini dikarenakan permintaan konsumen menurun seiring belum cairnya Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BERITA REKOMENDASI