Jelang Lebaran, Jasa Paket Motor Tetap Jadi Pilihan

YOGYA (KRjogja.com) – Ikut memulangkan kendaraan bermotor ke kampung halaman sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri tampaknya masih menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat. Buktinya, jasa paket motor mulai banjir permintaan pengiriman sepeda motor keluar wilayah DIY.

Seperti teelihat di kantor pengiriman paket milik PT KAI di kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu (19/6/2016). Beberapa karyawan tampak sibuk memasang karton untuk menjaga motor tak tergores saat pengiriman berlangsung.

"Hari ini saja (Minggu 19/06/2016) ada 10 motor yang harus kami kemas. Sudah ada peningkatan jauh dari sebelum puasa yang biasanya hanya 3-5 motor saja," ungkap Agung Lestari karyawan Kereta Api Logistik pada KRjogja.com.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak pengiriman motor dari Yogyakarta akan terjadi pada H-7 atau tanggal 26 Juni 2016 mendatang. "Prediksi kami bisa lebih banyak lagi mungkin hari-hari itu 15-20 motor sehari," imbuhnya.

Rata-rata tujuan pengiriman motor ini berkisar antara Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Timur dengan ongkos antara Rp 350-400 ribu per motornya. "Pengangkutannya kalau ke barat ikut kereta sore dan kalau timur biasanya kereta api malam, menyesuaikan jadwal yang ada tapi satu hari sampai," lanjutnya lagi.

Nah, tampaknya pengiriman berbayar ini masih mendapatkan tempat tersendiri bagi warga masyarakat. PT KAI sebenarnya juga menyediakan mudik motor gratis pada 28 Juni hingga 3 Juli 2016. Namun demikian batas pendaftaran agaknya menjadi penyebab masih banyak warga yang memilih mengirimkan motor menggunakan jasa biasa. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI