Jelang Lebaran, Mall Mulai Diserbu

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Sepekan jelang Idul Fitri, pusat perbelanjaan/mal mulai diserbu warga untuk berbelanja kebutuhan Lebaran termasuk fashion. Vendor besar di mal sudah buka kembali dan menawarkan promo Lebaran. Sedang Hotel dan Restoran berharap awal Juni 2020 sudah kondusif dan bisa membuka kembali usahanya.

“Matahari Dept. Store sudah buka lagi, dan traffik pengunjung Mall meningkat 2x lipat,” tutur Marketing Promotion Staff Malioboro Mall Eunike Set Satyarini kepada KR, Selasa (19/5).

Dikatakan saat pandemi Covid-19 Mall juga membuka layanan drive-thru untuk pemesanan via online. “Pemesanan langsung melalui toko, kami yang membantu mengambilkan barang. Layanan di lobi utara samping Hotel Ibis, juga memberi kemudahan dengan orderan online,” jelasnya.

Demikian juga kunjungan di Jogja City Mall (JCM) dan Sleman City Hall (SCH) meningkat signifikan. “Beberapa tenant mulai buka lagi,” ucap Humas PT Garuda Mitra Sejati (GMS) Fenny W.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono menyebutkan rencana awal Juni 2020 beberapa hotel, resto yang tutup akan buka kembali sesuai protokol Covid-19 dan memanfaatkan SDM yang ada saja.
“Harapannya ekonomi bisa berjalan walaupun belum normal. Karena kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Saat ini baru beberapa hotel/restoran yang siap dengan pengetrapan protokol Covid-19 yang disiplin dan ketat,” ujarnya
Sementara pengusaha pemilik toko, PKL di Jalan Malioboro dan A Yani juga berencana membuka kembali toko, usahanya dengan melihat kondisi.

“Toko di Malioboro dan A Yani awal Juni ini juga akan buka sebagian. Ada juga yang belum siap karena renovasi. Sedangkan PKL baru tanya Pemkot rencana buka 22 Mei ini. Lalu lintas Malioboro juga mulai ramai,” ucap Ketua Koordinator PPMAY (Paguyuban Pengusaha Malioboro dan A Yani) Karyanto Yudomulyono.

Selama sebulan lebih banyak toko di Jalan A Yani dan Malioboro tutup dan omzet hanya 15 persen. “Saat kita terpuruk, tagihan PDAM justu naik hingga 100 persen, sementara di wilayah lain tarifnya lebih rendah, perlu kebijakan 10.000 orang hidup dari toko di kawasan A Yani-Malioboro,” ujarnya. (R-4)

Kunjungan ke Mall naik signifikan jelang Lebaran seperti terlihat di Matahari Malioboro Mall. Foto: Juvintarto

BERITA REKOMENDASI