Jelang Milad ke-103, SD Mukarta Sosialisasi Cinta Lingkungan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang Milad ke-103, SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta (SD Mukarta) menggelar berbagai kegiatan. Antara lain berupa webinar Sosialisasi Pemilahan Sampah dan Seni Kelola sampah “Ecobrick”.

Kepala sekolah SD Mukarta, Novia Nuryany mengatakan, Sosialisasi Seni Kelola Sampah “Ecobrick” diperuntukkan bagi siswa-siswi Kelas 1-6, yaitu 150-an siswa kader pecinta lingkungan. Sebagai narasumber, Nur Partiningsih (Koordinator Children Foresty Programme Provinsi DIY dan pembina sekolah Adiwiyata Kabupaten Sleman).

Menurutnya, kegiatan sni sangat penting dan bermanfaar bagi kehidupan kita. Dalam hal ini, para siswa-siswi diajak untuk ikut merawat lingkungan, menjaga lingkungan, baik di rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Kebaikan ini harus dilakukan para siswa-siswi SD Mukarta yang juga merupakan kader lingkungan hidup yang Qur’aniy.

“Cinta dan peduli pada lingkungan merupakan satu kebaikan yang harus disadari dan ditanamkan sebagai salah satu karakter yang dapat dibangun di sekolah, di rumah ataupun di lingkungan masyarakat,” katanya.

Sedang Tri Nugroho menjelaskan, manusia merupakan khalifah di bumi. Manusia harus memimpin dan mengatur apa yang ada di lingkungannya. Manusia juga dilarang membuat kerusakan di muka bumi. “Untuk perbaiki kondisi bumi, kita harus mengurangi sampah, dan sampah yang harus dikurangi karena berbahaya adalah plastic,” tegasnya.

Sedang Nur Partiningsih banyak menguraikan pentingnya mengelola sampah. Sebab sampah merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Para siswa-siswi juga ditunjukkan jenis-jenis sampai serta bagaimana mengelolanya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI