Jelang New Normal, Maliboro Dibagi Lima Zona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Malioboro rencananya akan dibagi menjadi lima zona saat new Normal nantinya diterapkan. Lima zona di kawasan Malioboro tersebut ialah Hotel Grand Inna – Malioboro Mall, Malioboro Mall – Hotel Mutiara, Hotel Mutiara (Halte Trans Jogja 2) – Suryatmajan, Suryatmajan – Pabringan dan Pabringan -Titik Nol Kilometer. Nantinya zona dimana tiap zona hanya akan diisi 500 pengunjung saja.

Walau pembatan terhadap pengunjung Malioboro akan diterapkan hanya sebanyak 2.500 orang saja, namun hal serupa belum belum akan diberlakukan bagi para pedagang kawasan tersebut. Hal itu lantaran jarak antar pedagang sudah diatur dengan baik, berbeda dengan pengunjung yang perlu ada pengaturan jarak.

Oleh karena itu, di tiap zona nantinya juga akan dibuat penanda bagi pengunjung untuk menikmati area jalur pedestrian. Dalam sepekan ini penanda dengan warna kuning tersebut ditargetkan sudah berhasil terpasang, termasuk juga penanda jalur searah pengunjung supaya tidak saling berpapasan, yakni jalur pedestrian di sisi timur khusus untuk ke arah selatan dan sisi barat ke arah utara.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi berharap, kesiapan yang ditunjukkan di Malioboro bisa menjadi percontohan bagi destinasi wisata lainnya. Apalagi saat ini meski belum memasuki New Normal jumlah pengunjung di Malioboro juga mulai terjadi. Dalam rekaman data, tercatat selama sepekan ini rata-rata ada sekitar 500 pengunjung.

“Pengunjung itu ada yang dari Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur juga beberapa kota lain. Kami juga mendapat laporan, tamu hotel saat ini mulai terisi 30 persen. Bagaimanapun juga Kota Yogya harus siap dengan disiplin menerapkan protokol,” urainya.

Pada kondisi normal, kapasitas di Malioboro dalam sehari bisa mencapai 5.000 orang. Bahkan saat momentum libur tembus 10.000 orang. Pembatasan saat New Normal dilakukan sebagai upaya menerapkan protokol baru untuk mencegah potensi penularan Virus Corona. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI