Jelang Operasional Penuh YIA, AP Subdisi Tiket Damri

YOGYA, KRJOGJA.com – Persiapan terus dilakukan menjelang operasional penuh Yogyakarta International Airport tanggal 29 Maret 2020. Bahkan dari pihak maskapai juga terus mempersiapkan promosikan mengenai rencana kepindahan tersebut. Salah satu yang menjadi perhatian serius masih mengenai akses menuju bandara YIA. PT Angkasa Pura I (Persero) akan bekerjasama dengan PT Damri dan Shuttle-ku dalam hal pemberian subsidi. Ini dimaksudkan agar masyarakat tidak terlalu terbebani dengan ongkos.

Hal itu diungkapkan General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama dalam coffee morning dengan jajaran komunitas bandara di Hotel Sahid Raya Babarsari Depok Sleman, Rabu (29/1). Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari maskapai, Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea Cukai, hingga dari pelaku pariwisata. Seperti ASITA dan PHRI.

"Mengenai berapa besaran subdisi yang kita berikan masih belum tahu. Karena untuk kendaraan tetap punya mereka yang akan di branding dengan AP I. Jadi biaya operasional ditanggung oleh AP I. Apakah nanti masyarakat tidak dikenakan biaya, ada subdisi 30 persen atau 50 persen, masih dalam perhitungan. Harapannya masyarakat tidak merasa terbebani," ungkapnya.

Lebih lanjut Agus Pandu mengungkapkan, hal yang ingin diwujudkan Angkasa Pura adalah adanya kepastian waktu pemberangkatan. Jadinya, setiap 30 menit armada tersebut akan tetap berangkat. Ada atau tidak ada penumpang. Hal ini akan membuat masyarakat dapat mempredikasi waktu keberangkatan mereka.

Selain itu pada spot-spot tertentu juga akan disediakan fasilitas self check-in. Salah satunya di SPBU Ambarketawang Gamping Sleman. Pihak Angkasa Pura sudah berkoordinasi dengan pemilik SPBU dan akan disediakan ruangan untuk check-in mandiri tersebut. "Nantinya kendaraan juga akan bergenti di sana. Selain itu di Stasiun Tugu dan Maguwoharjo juga akan ada fasilitas tersebut. Jadi calon penumpang sudah membawa tiket dan tinggal masuk," jelasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI