Jelang Pemilu 2019, Waspadai Berita Hoax

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga meski masing-masing masyarakat memiliki pilihan sendiri. Perlu diwaspadai juga sebaran berita hoax yang kerap muncul di media sosial (medsos).

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis Tentara Nasional Indonesia (BAIS TNI), Marsda (Purn) Dr Benedictus Widjanarko MSi mengatakan masyarakat harus cerdas menyikapi setiap isu yang ada di medsos, termasuk grup WhatsApp. Dengan begitu, suasana bisa lebih kondusif dan meredam perpecahan bangsa.

"Masyarakat harus berhati-hati menyikapi isu-isu yang ada di medsos. Enggak semua yang ada di medsos itu benar," bukanya ketika berkunjung ke Radio KR, Rabu (23/1). 

Mantan Atase Pertahanan RI di Rumania, Thailand dan Australia ini menilai suasana akhir-akhir ini cukup kondusif di dunia nyata, meski bergejolak di dunia maya. "Zaman sekarang, kemampuan untuk menyaring informasi juga dibutuhkan, hanya dari situ bangsa ini tidak mudah diadu domba," papar mantan penerbang itu lebih lanjut.

Widjanarko menambahkan sebagai masyarakat Indonesia yang beradab, harus menghargai apa yang dikerjakan pemerintah. Selain itu, tetap mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada pemilu mendatang dengan mencari rekam jejak calon legeslatif terlebih dahulu.

"Kita percaya, pemerintah sedang melakukan upaya terbaiknya untuk menjadikan bangsa ini lebih maju. Kita bisa lihat, korupsi kecil sampai besar sedang diberantas. Jangan sampai tidak memilih atau golput. Pilihan kita itu penting," tandasnya. (M-1)

BERITA REKOMENDASI